Econella, Startup Asal Indonesia Timur Menangkan The East Hub

The East Hub
Sumber :
  • istimewa

MalangEconella, perusahaan rintisan yang berasal dari Sulawesi Selatan berhasil memenangkan “The East Hub Business Plan Competition", program kompetisi ide bisnis yang berhadiah total 90 juta rupiah yang diikuti entrepreneur muda di JawaTimur dan Indonesia Timur

Harga Bawang Merah dan Putih di Jombang Meroket, Harga Daging Ayam Kalah

Startup ini bergerak di bidang bioenergi dan menghasilkan produk bioaditif yang teruji untuk efisiensi BBM dan dekarbonisasi emisi melalui penerapan ekonomi sirkuler yang sedang diminati banyak pihak. Saat ini, satu botol produk Econella yang berisi 10 ml dapat menghemat 20 persen penggunaan bahan bakar. 

Produk ini memberikan nilai tambah dengan memanfaatkan bahan hasil pertanian reject dan limbah pertanian sebagai bahan bakunya. Perusahaan yang dirintis oleh Fitrawan Mufly Haskari ini, memiliki cita-cita untuk bisa menguasai pasar di Indonesia Timur di masa yang akan datang. 

Pj Bupati Jombang : Temuan Makanan Kedaluarsa Dibawa BPOM dan Bakal Ditindaklanjuti

Saat ini Econella hanya dapat memproduksi 50 buah per hari untuk memenuhi kebutuhan satu desa di Sulawesi Selatan. Menurut keterangan Fitrawan, saat ini permintaan tengah meningkat. 

Namun, sayangnya Econella masih terkendala untuk bisa memenuhi semua kebutuhan pasar tersebut. Dengan mendapatkan hadiah utama sebesar 25 juta rupiah dari kompetisi The East Hub Business Plan Competition yang diselenggarakan melalui kolaborasi Binus @ Malang dan Ngalup.co, Fitrawan berharap dapat meningkatkan kapasitas produksinya.

Bus Bandung - Denpasar Terbakar di Tol Jomo, 36 Orang Penumpang Bus Selamat

Selain Econella, ada startup lain yang juga menjadi juara. Juara kedua yang mendapatkan 20 juta rupiah adalah startup asal Probolinggo, Jawa Timur, yaitu Maggree, yang merupakan perusahaan rintisan biokonversi dengan mengubah sampah organik menjadi protein yang berkelanjutan untuk pakan ternak. 

Juara ketiga yang mendapatkan 15 juta rupiah adalah startup asal Malang, Jawa Timur, Kargoin adalah perusahaan rintisan yang bergerak di bidang logistik dan distribusi. Membantu brand lokal dalam proses logistik dan pergudangan melalui teknologi dengan prinsip berkelanjutan. 

Halaman Selanjutnya
img_title