Lewat Batu International Orchid Show Saatnya Petani Naik Kelas

Batu International Orchid Show 2022
Batu International Orchid Show 2022
Sumber :
  • Humas Pemkot Batu

MalangBatu International Orchid Show 2022 dibuka secara resmi oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar di Balai Kota Among Tani Kota Batu, pada Minggu, 25 September 2022 malam. 

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengatakan, bahwa pameran anggrek kali ini diikuti oleh pembudidaya anggrek dari beberapa daerah. Bahkan dari luar Provinsi seperti Bali, Kalimantan Tengah, Jambi hingga Papua hingga luar negeri seperti Singapura, Malaysia dan Thailand.

"Melalui Batu International Orchid Show ini semoga menjadi motivasi bagi petani anggrek dan diharapkan mampu mengenalkan potensi tanaman hias di Kota Batu di mata dunia. Mengingat banyak warga Batu yang berhasil dan sukses menjadi pembudidaya anggrek seperti Kelurahan Dadaprejo," kata Dewanti.

Dewanti juga mengungkapkan bahwa pameran ini menjadi salah satu cara Pemkot Batu untuk pemulihan perekonomian. Buktinya selama pameran digelar selama 2 hari sejak 24 hingga 25 September sudah ada transaksi miliaran rupiah.  

"Semoga Kota Batu bisa menjadi pusat anggrek di Indonesia," ujar Dewanti. 

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Daerah PAI Jatim, Fathul Yasin menganggap bahwa Kota Batu memiliki potensi untuk mengembangkan desa-desanya menjadi desa penghasil devisa. Fathul menyampaikan bahwa pergerakan transaksi anggrek sudah bergerak bahkan sebelum pameran, oleh karena itu beliau mengkoreksi angka pergerakan transaksi yang disebutkan Dewanti. 

“Sudah Rp3,3 miliar yang berputar di Pameran Anggrek Internasional ini," tutur Fathul.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar saat membuka pameran menyampaikan tentang peran pameran ini pada pembangunan ekonomi di desa-desa Kota Batu. 

“Mudah-mudahan pameran hari ini bisa berjalan sukses dan transaksi terus meningkat, terima kasih Wali kota atas dukungannya kepada penggiat anggrek," kata Abdul Halim.

Batu International Orchid Show 2022 kembali digelar oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Batu di Lapangan Parkir Balai Kota Among Tani Batu sejak 24 September hingga 2 Oktober 2022 mendatang. Dalam pameran yang digelar setiap tahunnya tersebut diikuti oleh ratusan peserta pembudidaya anggrek dari beberapa daerah dan luar negeri. 

Melibatkan petani anggrek seluruh Indonesia, dari Kalimantan, Jawa, Bali hingga Papua dan luar negeri, Pameran ini bertujuan untuk mengembangkan potensi pembudidayaan anggrek di Kota Batu. 

Pameran diikuti lebih dari 118 stan dari seluruh Indonesia, dengan 16 display nasional dan 4 display internasional. Akan ada anggrek jenis baru hasil silangan yang dipamerkan di 104 stand anggrek. 

Dalam pameran ini ada perlombaan anggrek dengan beberapa kategori. Meliputi The Best of Show yang dimenangkan oleh Dendrobium Jatim Cettar milik Yayu Orchid, sedangkan pada kategori Hybrid dimenangkan oleh Phalaenopsis Taisiro Yuhdan x Yukimai oleh Eka Karya.

Untuk Best of Species dimenangkan oleh Schombogia Tansonia oleh Yayu Orchid, dan Display tanaman anggrek dimenangkan oleh DPD PAI Prov Bali. Selain orchid show competition, pameran ini juga mengadakan workshop internasional. Peserta yang berpartisipasi juga akan mendapat sertifikat internasional.