Pj Wali Kota Malang Punya Jurus Khusus Untuk Tekan Harga Sembako di Bulan Ramadan

Penjabat Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVAPenjabat Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat mempunyai jurus khusus dalam menjaga stabilitas harga sembako di bulan Ramadan hingga jelang Idul Fitri 2024. Salah satunya beras, mereka intervensi dengan mendistribusikan beras stabilisasi pasokan harga pangan (SPHP) milik Bulog

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Sejumlah komoditas selain beras memang mengalami kenaikan. Seperti cabai, bawang hingga harga daging ayam. Untuk beras diintervensi dengan distribusi SPHP sedangkan komoditas lainnya kini menjadi perhatian Pemkot Malang

"Beras kami intervensi dengan SPHP dan sudah tidak terlalu tinggi. Yang tinggi itu cabai lalu bawang dan ditambah daging ayam itu menjadi perhatian kami," kata Wahyu, Rabu, 13 Maret 2024. 

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Saat ini kondisi inflasi Kota Malang berada di angka 0,5 diatas rata rata provinsi dan nasional. Wahyu mengakui untuk, data inflasi month to month memang terbilang tinggi. Namun data inflasi secara year on year (yoy) Kota Malang masih terbilang rendah. 

Strategi lain yang telah disiapkan adalah lewat pembukaan warung tekan inflasi dan program pasar murah. Selain itu, Pemkot Malang meminta Diskopindag untuk kerjasama dengan daerah lain agar bisa mendapatkan harga bahan pokok murah sehingga bisa menjual di bawah harga eceran tertinggi (HET). 

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

"Kita akan tambah komoditas di warung tekan inflasi. Diskopindag kerja sama dengan daerah lain, kita beli di sana, lalu dijual di warung tekan inflasi di bawah harga rata-rata," ujar Wahyu. 

Wahyu mengungkapkan, Pemkot Malang juga telah menggelontor Rp1 miliar dari Belanja Tidak Terduga (BTT). Anggaran itu digunakan untuk memberikan subsidi transportasi angkutan bahan pokok.

Halaman Selanjutnya
img_title