Produksi Anak Bebek, Pria di Jombang Raup Puluhan Juta Setiap Bulan

Usaha penetasan telor bebek.
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Berawal dari coba-coba menjadi seorang peternak, Mujiono (57 tahun) warga Desa Rejosopinggir, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, raup cuan puluhan juta rupiah setiap bulannya.

Lokasi Judi Sabung Ayam di Kepanjen Malang Dibongkar Polisi dan TNI

Cuan puluhan juta rupiah itu, didapatkan Mujiono dari usaha meneteskan telor bebek atau Day Old Duck (DOD).

Ditemui dikediamannya, Mujiono menjelaskan, usaha yang terletak di samping rumahnya itu, dimulai sejak tahun 2000, yang silam.

Warga Temukan 9 Mortir Aktif Sisa Perang Dunia ke II di Pujon Malang

"Ini adalah tempat penetasan atau produksi DOD atau biasa disebut anak itik. Saya mulai produksi DOD ini sejak tahun 2000 an," kata Mujiono, Senin, 5 Februari 2024.

Ia menegaskan bahwa semula ia ingin coba-coba, untuk menjadi peternak bebek. Setelah jadi peternak ia berkeinginan meningkatkan hasil produksi ternaknya. Untuk itu ia memulai membuat mesin penetas telur sendiri.

Cegah Konvoi Kelulusan Sekolah di Jombang, Puluhan Polisi Lakukan Patroli

"Dulu asal usulnya memang dari peternak. Kami ingin meningkatkan hasil gimana caranya untuk bisa menetaskan itik sendiri, kita pelihara sendiri, bahkan kita potong sendiri," ujar Mujiono. 

Setelah menekuni cara dan metode yang tepat, untuk menetaskan telur bebek tersebut, Mujiono mengaku usahanya mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Halaman Selanjutnya
img_title