Bikin Kerajinan dari Akar Jati, Pria di Jombang Raup Cuan Jutaan Rupiah

Sujoko saat melihat hasil karya ukir miliknya
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Dengan memanfaatkan akar kayu jati, Sujoko (48 tahun) warga Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mampu meraup cuan hingga jutaan rupiah.

Bikin Onar, Gengster Bersenjata Tajam di Pasuruan Dihajar Warga

Ya di tangan dingin Sujoko, akar kayu jati disulap menjadi ukiran yang memiliki nilai jual tinggi. Karya seninya mampu menarik para pembeli yang kebanyakan dari luar Jombang.

Ditemui di rumahnya, Sujoko mengaku menggeluti usaha kerajinan ukir ini sejak lama, sekitar 5 tahun yang silam, tepatnya sejak tahun 2018.

Taman Kota Jadi Sorotan Usai DPRD Kota Malang Sahkan Perda Kota Layak Anak

"Saya membuat kerajinan ukiran dari akar kayu jati sudah lima tahun. Namun, sebelum itu bekerja ikut orang, kerjanya sama namun bedanya ditempat tersebut menggunakan bahan semen," kata Sujoko, Sabtu, 9 Desember 2023.

Sujoko mengaku, ia nekat menjalani usaha ini lantaran ia sudah jenuh menjadi karyawan. Sebelumnya, ia juga membuat kerajinan ukir namun menggunakan bahan semen.

Polisi Lakukan Operasi di Flyover Peterongan, 3 Pengedar Narkoba Diringkus

"Kalau ilmunya dapat dari pengalaman kerja ikut orang lain, ya akhirnya memutuskan untuk berkarya mandiri, buka sendiri," ujar Sujoko. 

Ia pun menyebut kebanyakan karyanya bertema karakter pewayangan. Namun pada momen natal di bulan Desember, ia mengaku kerap mendapat pesanan berupa patung Tuhan Yesus untuk momen natal. 

Halaman Selanjutnya
img_title