Sebulan Jelang Nataru, Perajin Terompet di Jombang Mulai Ramai Pesanan

Proses pembuatan terompet di Desa Mojoawarno, Jombang.
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Momen perayaan natal dan tahun baru adalah waktu yang paling dinantikan oleh perajin terompet di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Sebab, di momen inilah mereka ramai menerima pesanan terompet bahkan hingga luar daerah Jombang. 

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Adi Santoso (26 tahun) adalah pemilik usaha dan pembuat terompet Kecamatan Mojowarno Jombang. Usaha terompet ini diawali oleh orangtuanya yang memproduksi terompet sejak tahun 1980. 

Adi adalah generasi kedua pembuat terompet dari keluarganya. Di tempat usaha yang dia miliki terompet berkepala naga adalah yang paling diminati oleh konsumen.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

"Ini kerajinan terompet naga. Awalnya bantu orang tua berkelanjutan terus saya jual lagi lewat online dan hasilnya lebih memuaskan," kata Santoso, Minggu, 26 November 2023.

Meski belum memasuki bulan Desember, Santoso mengaku sudah mendapat pesanan terompet yang cukup banyak. Bahkan peningkatan mencapai 50 persen lebih bila dibandingkan dengan hari biasa.

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

"Alhamdulillah masalah peningkatan 75 persen, terus pesanan lebih banyak lagi dari tahun ke tahun," ujar Santoso.

Ia pun menjelaskan ada tiga motif terompet yang dibuat. Hanya saja kini yang paling banyak diminati yakni, terompet berkepala naga dengan varian warna. Dalam setiap harinya, ia mampu membuat 200 hingga 300 an terompet.

Halaman Selanjutnya
img_title