Dampak Kenaikan Harga Cabai di Malang Mulai Dirasakan Pelaku Kuliner

Bakso Tahu Koprol jajanan khas Comboran, Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – Pekan ini harga cabai rawit di Kota Malang menembus angka Rp80 ribu per kilogram. Kenaikan harga cabai dalam 2 pekan terakhir berdampak langsung pada pelaku kuliner di Kota Malang.

Beredar Video Perundungan Pelajar di Kota Malang Terekam CCTV Warga

Pemilik usaha Bakso Tahu Koprol (Batako), Andre mengatakan bahwa dampak kenaikan harga cabai tentu saja terasa bagi pelaku kuliner. Apalagi, jajanan Batako yang dia jual berciri khas pedas dengan cabai sebagai salah satu komposisi utamanya. 

"Kita kalau bikin itu langsung jadi 60 kilogram cabai untuk 1.500 biji Batako. Sehari setidaknya membutuhkan 250 biji batako ini kalau kondisi normal. Kalau kondisi ramai bisa 500 biji batako sehari. Jadi kalau produksi 1.500 biji batako habis belum satu minggu ya harus kulakan lagi. Beli cabai 60 kilogram lagi," kata Andre, Sabtu, 11 November 2023. 

Gunawan Center Laporkan Dugaan Pencurian Suara Pileg di Malang ke Bawaslu Jatim

Satu porsi Batako dijual seharga Rp17 ribu berisikan 4 biji Batako. Meski harga cabai rawit terus mengalami kenaikan Andre memutuskan untuk tetap bertahan di harga Rp17 ribu. Dia tidak menaikan harga jual meski keuntungan yang didapat menipis akibat harga cabai yang mahal. 

"Karena ketika harga per porsi dinaikan ketikan harga cabai naik. Nanti kalau harga cabai turun lagi kita masa menurunkan lagi. Jadi harganya tetap, resikonya keuntungan yang menurun. Keuntungan menurun sampai 50 persen, karena tidak hanya cabai rawit, ayam dan beberapa bahan pokok kan juga naik," ujar Andre. 

Perjuangan Arema FC Kandaskan Persikabo 1973 di Tengah Kondisi Kelelahan

Andre sendiri menggeluti usaha Batako sejak 2015. Batako yang merupakan akronim dari Bakso Tahu Koprol ini dijual di Pasar Comboran Barat, Kota Malang. Awalnya usaha ini dia jalankan bersama istri dan seorang karyawan. Kini Andre sudah memiliki 8 karyawan. 

"Siasatnya beli langsung ke petani (cabai rawit). Karena Batako ini adalah ikon, selain pentol usus, pizza bakar, dan corn potatos. Jadi apapun kondisinya, harga cabai naik harga ayam naik kita tetap produksi dan jualan meski pengaruh ke keuntungan," tutur Andre. 

Halaman Selanjutnya
img_title