Khofifah Pastikan Jatim Surplus Stok Pangan hingga Suplai Pangan ke Beberapa Provinsi

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

JombangGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menegaskan cuaca ekstrim tidak terlalu berpengaruh dengan stok bahan pangan khususnya beras diwilayahnya. Dia menyebut, Jatim memiliki stok beras yang melimpah dari tahun ke tahun.

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

"Kita year on year, per September, Jawa Timur surplus (beras) 9,23 persen," kata Khofifah, Senin, 18 September 2023.

Ia menyebut, selama ini Jawa Timur tidak hanya menyiapkan stok pangan untuk warga di Jawa Timur. Namun juga sebagai pemasok kebutuhan pangan di beberapa provinsi yang ada di wilayah Indonesia bagian timur.

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

"Jawa Timur tidak hanya menyiapkan stok pangan untuk warga Jawa Timur, namun selama ini juga adalah untuk 16 provinsi di Indonesia timur, kita suplai hampir 80 persen," ujar Khofifah. 

Dia menyebut pada awal September tahun ini, Jawa Timur juga sebagai penyuplai kebutuhan pangan di wilayah Sulawesi. Termasuk dua provinsi di pulau Sumatera.

Pemkot Pasuruan Remikan Gedung PLUT-KUMKM Dorong Kemajuan UMKM

"Per awal September tahun ini, ternyata Sulawesi Selatan (Sulsel) juga disuplai (bahan pangan) dari Jawa Timur. Kemudian dua provinsi di Sumatera, Riau dan Babel (Bangka Belitung), sebelumnya tidak pernah disuplai dari Jawa Timur, namun tahun ini juga disuplai dari Jawa Timur," tutur Khofifah. 

Tak hanya itu, Khofifah mengaku sejak dahulu food stasion di Jakarta juga mendapat suplai bahan pangan dari provinsi Jawa Timur.

Halaman Selanjutnya
img_title