Pegawai BPJS Kesehatan Belajar Pengolahan Keripik Ken Dedes Selecta Untuk Bekal Pensiun

Pegawai BPJS Kesehatan belajar pengolahan keripik
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Persiapan menghadapi masa pensiun mutlak dilakukan sebagai upaya adaptasi diri di lingkungan baru. Berbagai hal harus dipersiapkan, terutama rencana mengisi kegiatan masa tua serta kemandirian finansial agar dapat menjalani masa pensiun dengan tenang dan sejahtera.

Pemkot Batu Sediakan 900 Porsi Makanan Gratis saat Nobar Timnas U-23

Seperti yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan di sentra industri Keripik Buah Ken Dedes Selecta, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jumat, 4 Agustus 2023.

Nampak puluhan pegawai BPJS mengikuti pemaparan wirausaha, seperti cara memproduksi keripik berbahan baku buah hingga sayuran. Selain itu cara pemasaran, permodalan, dan mental yang harus disiapkan jika nanti sudah terjun ke dunia usaha. 

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

Kepala Corporate University BPJS kesehatan, Lisa Nurena mengatakan total ada 28 pegawai BPJS Kesehatan yang memasuki masa purnabakti dari seluruh Indonesia mengikuti pelatihan.

"Mereka tak sendiri, tapi bersama pasangannya. Sehingga nanti dua atau tiga tahun lagi jika sudah pensiun mereka tidak gamang dan siap menghadapi kehidupan masa purnabaktinya. Lalu, dapat belajar dan memahami bagaimana cara membuat bisnis step by step. Intinya mempersiapkan dengan matang," katanya.

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

Dari pemaparan yang diberikan oleh pemilik Keripik Ken Dedes Selecta, karyawan BPJS diharapkan bisa mendapat inspirasi. Sebab yang diceritakan yaitu proses berdirinya Ken Dedes dari nol hingga bisa sukses hingga bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

"Setiap usaha kan tidak mungkin berjalan mulus, tentu ada pasang surut atau naik turunnya. Nah itu yang harus dicermati, pesan saya jika sudah pas mau memasuki dunia usaha siapkan mental dan pilih usaha yang realistis," tuturnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title