Sandiaga Bakal Koneksikan Wisata Religi Mulai Makam Gus Dur Hingga Mbah Wahab di Jombang

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Kunjungi dua makam tokoh Nasional, yakni Kiai Haji Bisri Syamsuri dan Kiai Haji Wahab Hasbullah di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno berencana menginterkoneksikan wisata religi yang ada di 4 Pondok Pesantren.

Ayo Kawal Perjuangan Timnas, Dengan Nobar Di Stadion Gajayana Kota Malang

Tujuan dari terkoneksinya wisata religi dan sejumlah tempat wisata di Kabupaten Jombang adalah tercipta lapangan kerja. Harapanya mampu menyerap jutaan tenaga kerja.

Ditemui di Pondok Pesantren (ponpes ) Tambakberas, Sandiaga Uno, mengaku mendapat cerita bahwa banyak sejarah perjuangan yang ditorehkan oleh para pahlawan nasional di Jombang. Mereka semua berasal dari santri dan para kiai. 

Pemkot Batu Sediakan 900 Porsi Makanan Gratis saat Nobar Timnas U-23

"Dan saya dititipkan rencana yang luar biasa. Untuk menghubungkan makam-makam pahlawan kita ini, untuk wisata religi. Yang nantinya akan membuka peluang usaha dan lapangan kerja," kata Sandiaga, Sabtu 15 Juli 2023.

Sandiaga mengatakan, wisata religi nantinya akan dibiayai oleh ABPD dan APBN. Usulan ini baru dia terima saat kunjungan ke Jombang hari ini. 

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

"Difasilitasi Pemkab, dan pemerintah pusat. Jadi nanti ada APBD dan non APBD nya. Sedang kami akan kembangkan. Karena baru tadi kami menerima usulan dari Sekda dan Ibu Bupati, ini kami harap bisa diwujudkan," ujar Sandiaga. 

Sandiaga menyebut wisata religi merupakan masa depan dari ribuan santri di Jombang. Namun potensi ini belum terfasilitasi secara maksimal.

Halaman Selanjutnya
img_title