Melihat Budidaya Kaktus di Jombang yang Hasilkan Cuan Jutaan

Tanaman kaktus hias milik warga Desa Weru, Mojongapit, Jombang
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang – Dalam bahasa Yunani klasik tanaman liar berduri biasanya dikenal dengan istilah kaktus. Dan di Indonesia siapa yang tidak mengenal tanaman liar dan berduri yang diberi nama kaktus tersebut.

16 Karang Taruna di Malang Sukses Bangun Potensi Desa Lewat Ramadan Heppiii

Bagi sebagian orang tanaman ini merupakan tanaman yang bisa menghasilkan cuan bila dibudidayakan.

Seperti yang dilakukan Nurfansah, pria 31 tahun asal Dusun Weru, Desa Mojongapit, Kecamatan-Kabupaten Jombang.

Live Streaming Indonesia U23 vs Australia U23 di RCTI+ dan Vision+

Hanya dengan memanfaatkan pekarangan rumahnya. Ia membudidayakan puluhan jenis kaktus. Mulai dari jenis god ji, pikachu, KT 10, scarlate, salmon, turmalin, sarika, orenji, batman, sub mongkol siam, rasta, nabi, toraba, pink giant, wing insect, pink shadow, taiwan, sos, gino kalisium, moon radios, lava chese, red monkey, papaya, pirate ring, rose, rosgem hingga jenis langka asal Thailand

Saat ditemui dirumahnya, ia menceritakan usaha budidaya kaktus hias tersebut bermula dari inisiatif memanfaatkan lahan kosong sederhana depan rumahnya, pada tahun 2018 silam.

Masyarakat Bakal Gugat Pemkot Batu Usai Adanya Sampah Terkubur di Stadion Brantas

"Kebetulan saya senang dengan tanaman jadi awalnya coba-coba dan akhirnya ya terus berkembang budidaya kaktus hias di teras rumah ini. Jumlahnya secara keseluruhan sudah sampai ribuan. Untuk budidaya kaktus ini sudah sejak tahun 2018," katanya, Senin, 5 Mei 2023. 

Lebih lanjut ia menjelaskan, dari ribuan tanaman kaktus yang ia budidaya, ia mengaku tidak kebingungan untuk menghafal namanya. Lantaran, ia sudah melakukan pelabelan pada setiap jenis kaktus hias miliknya.

Halaman Selanjutnya
img_title