Shopee Barokah Bangkitkan Perekonomian Pondok Pesantren Lewat Jualan Online

Shopee barokah ajak santri bisnis digital
Sumber :

Malang – Jawa Timur memiliki ribuan pondok pesantren. Jumlah yang cukup banyak ini menjadi potensi bagi perekonomian di daerah itu. Pada era modern ini, santri tidak hanya berkutat pada urusan agama namun juga mulai merambah dunia bisnis dengan mengandalkan platform digital. 

Jelang Pilbup Malang, Lathifah Shohib Lakukan Pertemuan Intens dengan Rendra Kresna

Salah satu sektor perdagangan digital yang bisa dimanfaatkan oleh para santri adalah Shopee Barokah, one-stop platform pendukung gaya hidup Islam milik Shopee. Mereka mengembangkan ekonomi daerah berbasis pesantren.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, bahwa mereka ingin ekosistem pesantren dan ekonomi pesantren menjadi satu kekuatan kemandirian. Untuk pesantren itu sendiri dan juga kemandirian santrinya, termasuk kemandirian alumni pesantrennya. 

Diduga Belum Kantongi Izin, Toko Modern di Jombang Nekat Buka

"Kalau ini sudah kita bangun dengan managerial skill yang sudah didukung oleh Shopee, maka proses digitalisasi dari sistem ekonomi berbasis pesantren akan ketemu ekosistemnya. Ketika Shopee Barokah juga melakukan kompetisi bisnis digital sociopreneur, santripreneur, dan pesantrenpreneur,” kata Khofifah di Kampus UMKM, di Kota Malang, Jumat, 24 Maret 2023. 

Sebelumnya, Shopee menggelar kompetisi bisnis digital santripreneur dengan tema Dari Pesantren untuk Pesantren. Kompetisi ini merupakan rangkaian dari program pelatihan bisnis digital bagi 1.000 santri di sejumlah. daerah, 

Satreskrim Polres Batu Bongkar Perjudian Sabung Ayam di Giripurno

Tujuannya, dapat menciptakan santri yang mandiri bersama ekonomi digital. Program ini juga sejalan dengan misi Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dalam mengembangkan perekonomian daerah berbasis pesantren, sekaligus menuju Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah dunia dalam ekosistem bisnis digital.

Para pemenang terpilih berasal dari beberapa Pondok Pesantren di berbagai kota di Jawa Timur dan dihadiahi modal usaha, serta paket Umrah oleh Shopee Barokah. Pemenang berasal dari berbagai kota di Jawa Timur mulai dari Lamongan, Nganjuk, Jombang, dan Tuban.

Halaman Selanjutnya
img_title