Erupsi Gunung Semeru Pasokan Sayur di Kota Malang Aman

Pedagang Sayur di Pasar Induk Gadang Malang
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Pasokan sayur Pasar Induk Gadang, Kota Malang dipastikan aman dan tidak terdampak Erupsi Gunung Semeru di Lumajang. Sebab, selama ini pasokan sayur datang dari perkebunan yang ada di Poncokusumo dan Tumpang, Kabupaten Malang. 

Hari Pertama Lebaran, Arus Kendaraan Mulai Padati Jalur Arteri Jombang dan Exit Tol Jomo

Perlu diketahui lereng Gunung Semeru daerah Pronojiwo, Lumajang dikenal sebagai penghasil sayuran. Erupsi dikhawatirkan menggangu pasokan sayur ke sejumlah daerah termasuk Kota Malang. 

Salah satu pedagang Pasar Induk Gadang, Nanto mengatakan, selama ini pasokan sayur memang didapat dari lereng Pegunungan Tengger sisi barat tepatnya kawasan Poncokusumo dan Tumpang, Kabupaten Malang. 

Hari Raya Idul Fitri 2.104 Pelanggan Berangkat dari Stasiun Malang

"Kalau kita aman karena kita dapat pasokan dari Poncokusumo, dan Tumpang. Itu juga lereng Semeru tapi kan di sebelah barat Semeru jadi aman," kata Nanto, Senin, 5 Desember 2022. 

Nanto menyebut pasokan sayur di daerah Lumajang lebih banyak dikirim ke Surabaya atau daerah lain. Selama dia berdagang sejak tahun 1999 Pasar Induk Gadang selalundapat pasokan sayur dari Poncokusumo dan Tumpang. 

Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Gus Ipul Salat Ied Bersama Warga Bugul Permai

Untuk harganya saat ini cenderung mengalami penurunan. Seperti tomat beberapa waktu lalu di harga kisaram Rp20 ribu kini Rp10 ribu per kilogram. Harga Jagung kini hanya Rp6 ribu. 

"Kalau di Malang ini kan banyak pertanian. Jadi pasokan sayur dari Poncokusumo, Tumpang atau sekitaranya saja sudah cukup. Ini kiriman, jagung, tomat, cabai, dan timun. Menjelang sore ada kiriman lagi seperti terong, sayur lainnya campur," ujar Nanto.