Mendag Ke Pasar Besar Malang Pantau Harga Kebutuhan Pokok

Mendag Zulkifli Hasan di Pasar Besar Malang
Sumber :
  • Viva Malang

MalangMenteri Perdagangan, Zulkifli Hasan blusukan ke Pasar Besar Kota Malang pada Jumat, 28 Oktober 2022. Dia ingin memantau harga sembako dan kebutuhan pokok di Kota Malang. 

Perkuat Langkah Bantu UMKM, Mebiso Kolaborasi dengan SMESCO Indonesia

Setelah keliling Pasar Besar dia menyebut harga sejumlah kebutuhan pokok masih stabil. Bahkan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini menyebut harga Ayam Potong di Pasar Besar terlalu murah. Karena dijual dengan Rp30 ribu per kilogram.

"Di sini harga ayam Rp30 ribu, menurut saya kemurahan. Karena Rp30 ribu itu peternak ayamnya bisa bangkrut. Karena modalnya (ternak) ayam itu kira-kira Rp24 ribu. Belum ongkosnya, belum untuk pedagang," kata Zulkifli. 

3 Tempat yang Disidak Mamin Pj Bupati, Ternyata Sudah Dihubungi Dinas Ketahanan Pangan Jombang

Pria yang akrab disapa Zulhas itu menyebut, harga Ayam di Pasar Besar seharusnya bisa dibandrol antara Rp32 ribu hingga Rp35 ribu. Sedangkan untuk harga telur Ayam Ras di Pasar Besar saat ini Rp26 ribu, itu dianggap masih normal. 

"Telur tadi Rp26 ribu, itu mestinya harganya paling sedang Rp27 hingga Rp28 ribu, karena modalnya Rp22 ribu. Tapi Rp26 ribu masih oke lah gapapa," ujar Zulhas.

Arus Balik Mudik Lebaran 2024, Penumpang KA di Stasiun Jombang Membludak

Di sisi lain, Zulhas juga menyarankan masyarakat beralih untuk membeli beras bulog sebagai pengganti beras premium. Dia menyebut, di Pasar Besar harga beras premium cukup bervariasi.

"Kalau beras yang brand premium itu memang harganya bervariasi tapi yang medium bulog harganya Rp9 ribu, dan tidak bisa naik dan tidak bisa turun," tutur Zulhas.