Mendag Minta Pemkot Malang Bangkitkan UMKM dari Pasar Tradisional

Mendag, Xulkifli Hasan
Sumber :
  • istimewa

MalangMenteri Perdagangan RI (Mendagri) Zulkifli Hasan menegaskan UMKM adalah pahlawan ekonomi bagi Indonesia.

Dua Pemain Arema FC Women Ikut TC Timnas Indonesia Wanita U17 di Bali

Ia juga menilai bahwa UMKM berperan besar dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia dan mampu mengantarkan Indonesia menjadi negara maju. Maka UMKM harus didukung tumbuh, bahkan dari pasar pasar tradisional.

Ia menyampaikan hal ini dalam silaturahmi Kementerian Perdagangan dengan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Grand Mercure Malang, Jumat 28 Oktober 2022. Sebelumnya Ia juga mengunjungi Pasar Besar Malang.

Wujudkan Emansipasi Wanita, Ada Penampakan Baru pada Pelayanan SIM Satlantas Polres Jombang

 Ia mengatakan, kolaborasi dari berbagai pihak sangat penting untuk dilakukan demi meningkatkan perkembangan UMKM. Menurutnya penting untuk membentuk sinergi yang positif antara UMKM lokal dengan modernitas seperti ritel modern dan juga e-commerce.

“Hal ini justru bisa membentuk sebuah hubungan simbiosis yang baik, di mana UMKM bisa berkembang, sementara ritel modern dan e-commerce juga bisa bertambah besar,” jelasnya.

Polres Malang Bongkar Praktik Industri Rumahan Sabu di Jatim

Terkait ini Wali Kota Sutiaji menegaskan pentingnya posisi UMKM dalam mendorong ekonomi daerah. Menurutnya, geliat UMKM di Kota Malang ini terus berkembang secara luar biasa. 

Sempat terkontraksi hingga -2,26 persen, Sutiaji menyebutkan bahwa UMKM membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kota Malang pascapandemi.

Halaman Selanjutnya
img_title