Digitalisasi UMKM, Ini yang Harus Dilakukan

Digitalisasi UMKM, Ini yang Harus Dilakukan
Digitalisasi UMKM, Ini yang Harus Dilakukan
Sumber :
  • Pixabay

Malang – Era transfomasi digital terus berkembang pesat. Saat ini, baik pemerintah pusat maupun daerah sedang menggencarkan berbagai program untuk digitalisasi di bidang usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Hal ini dilakukan untuk mendongkrak potensi perekonomian. 

Hal ini juga menjadi perbincangan hangat dalam Forum bisnis 20 (B20) melalui Trade and Investment Task Force. Mereka tengah merampungkan rumusan rekomendasi kebijakan terkait akselerasi transformasi digital yang dapat ditindaklanjuti oleh negara-negara G20.  

Menurut Co-Chair Trade & Investment Task Force B20 tahun 2022, Dr. Juan José Daboub, forum ini mendukung target Presidensi G20 Indonesia terkait peran nyata pelaku bisnis dalam B20 untuk mendorong transformasi digital, serta memperluas akses UMKM agar dapat bersaing, dan menjadi bagian dari rantai pasok global melalui Inclusive Closed Loop Ecosystem B20.

Menurutnya, pelaku usaha dapat memainkan peran penting dalam merealisasikan komitmen ekonomi yang inklusif lewat kemitraan dengan UMKM dan kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, untuk membekali para UMKM dengan pengetahuan, keterampilan, teknologi, dan jaringan untuk meningkatkan daya saing, baik di dalam negeri maupun dalam rantai nilai global. 

“Melalui forum B20, kami turut berkontribusi, baik dalam memberikan saran maupun berbagi pengalaman mengenai upaya nyata kami dalam mendukung pelaku usaha untuk digitalisasi UMKM agar lebih kompetitif dan tidak tertinggal dalam pertumbuhan ekonomi,” ujar Dr. Daboub dikutip dalam keterangannya dikutip dari Viva.co.id.

Lebih lanjut, kolaborasi dari berbagai pihak juga dinilai punya peran penting agar program pembinaan bagi UMKM dapat memberikan dampak jangka panjang bagi perekonomian.  

“Kolaborasi antara pelaku usaha dan UMKM membutuhkan dukungan penuh dari pemerintah, berupa kebijakan dan program yang inklusif, dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingannya, sehingga tujuan G20 Indonesia untuk memperkuat peran UMKM dalam pemulihan ekonomi global dapat tercapai,” tutup Dr. Daboub.

Peningkatan inklusi keuangan merupakan salah satu fokus agenda Presidensi G20 Indonesia. Untuk mewujudkan agenda ini, pemanfaatan digitalisasi ekonomi memiliki peranan penting dalam menciptakan peluang ekonomi yang lebih besar serta mendorong pertumbuhan yang lebih inklusif dan berkelanjutan dengan memacu inovasi dan meningkatkan akses ke layanan keuangan.