Polisi Anggap Tidak Ada Bukti Pembunuhan dalam Tragedi Kanjuruhan Untuk Laporan Model B

Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana.
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVAPolres Malang membeberkan hasil gelar perkara atas laporan dugaan pembunuhan dan pembunuhan berencana dalam Tragedi Kanjuruhan oleh pelapor Devi Athok. Ini adalah laporan model B yang dilakukan oleh masyarakat. 

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Devi Athok dan Rizal Putra Pratama dkk melaporkan pasal 338 dan Pasal 340 KUHP dalam Tragedi Kanjuruhan. Penyidikan dilakukan berdasarkan laporan Polisi nomor: LP/B/413/XI/2022/SPKT/Polres Malang/Polda Jawa Timur dengan pelapor Devi Athok Yulfitri. Dan laporan Polisi nomor. LP/B/425/XI/2022/SPKT/Polres Malang/Polda Jawa Timur dengan pelapor Rizal Putra Pratama dkk.

"Saya sampaikan hasil gelar perkara bahwa penerapan pasal 338 dan pasal 340 yang diminta pelapor, tidak dapat terpenuhi unsurnya," kata Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryan, Jumat, 8 September 2023.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Kholis mengatakan, bahwa penanganan ini berjalan transparan. Dia menyebut bahwa penyelidikan terhadap dua Laporan Model B sejak awal mendapat asistensi dari Polda Jatim dan Mabes Polri. Termasuk diikuti oleh media massa dalam setiap perkembangannya. 

"Polres Malang melakukan penanganan secara transparan dan senantiasa memberi ruang komunikasi yang memadai, baik kepada pelapor, pengacara termasuk rekan jurnalis atau media," ujar Kholis. 

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

Kholis mengaku bahwa Polres Malang telah berusaha memenuhi keinginan pelapor Tragedi Kanjuruhan. Dia juga menjamin selama proses penyelidikan yang telah dilalui berjalan sesuai prosedur. 

"Kami telah berupaya maksimal untuk penuhi semua keinginan pelapor. Saya bersama para pengawas memastikan bahwa Kasatreskrim dan para penyidik telah bekerja all out sesuai prosedur," tutur Kholis. 

Halaman Selanjutnya
img_title