Didemo Mahasiswa, Erick Thohir : Pelan-pelan Kita Cari Penegakan Hukum Tragedi Kanjuruhan

Menteri BUMN sekaligus Ketua PSSI Erick Thohir.
Menteri BUMN sekaligus Ketua PSSI Erick Thohir.
Sumber :
  • Viva Malang

MalangMenteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir meminta publik sepak bola tanah air untuk bersabar tentang sejumlah gebrakan selama dirinya memimpin induk sepak bola tanah air. Dia mengakui ada banyak tantangan yang harus dia selesaikan selama jadi Ketua Umum PSSI. 

Pertama adalah soal kesiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Mei 2023 mendatang. Even olahraga internasional ini harus berjalan sukses. Apalagi, Indonesia sebagai tuan rumah haruslah menjadi tuan rumah yang baik. 

"Ya memang ini saya bilang. Satu-satu harus diselesaikan. Kalau kita bicara mengenai Piala Dunia U-20 ini kan tinggal 79 hari," kata Erick di Universitas Brawijaya pada Jumat, 3 Maret 2023. 

Selain itu, soal Tragedi Kanjuruhan dia menegaskan bahwa dirinya menaruh perhatian sejak sebelum menjadi Ketua Umum PSSI. Diantaranya dengan memberikan bantuan kepada korban Tragedi Kanjuruhan. 

"Tetapi kalau masalah Tragedi Kanjuruhan sendiri kan saya sudah secara pribadi sendiri sudah melakukan terobosan waktu itu. Sebelum jadi Ketua pssi melakukan juga sumbangan," ujar Erick. 

Selain itu, dirinya berjanji perlahan akan mencari jalan penegakan hukum yang adil bagi 135 korban meninggal dunia dalam Tragedi Kanjuruhan. Dia mengaku problem besar ini tidak bisa dikerjakan secara terburu-buru. 

"Tetapi apa cukup (santunan) ? ya tidak. Nanti pelan-pelan kita cari lagi penegakan hukum seperti apa. Tetapi sebagai ketua PSSI juga melakukan langkah-langkah yang lain tentunya," tutur Erick.