Protes Meluas Atas Tragedi Kanjuruhan, Aremania Segel Kantor Arema FC

Kantor Arema FC disegel Aremania
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Puluhan Aremania melakukan aksi demonstrasi dengan menyegel Kantor Arema FC, pada Minggu, 15 Januari 2023. Mereka protes karena menganggap Arema FC tidak berpihak pada korban dan tidak memiliki rasa empati pada korban Tragedi Kanjuruhan

Mantan Ketua DPRD Jombang Kritik Rencana Pembelian Mobdin Untuk Pimpinan Baru

Puluhan Aremania ini melakukan longmarch dari Jalan Oro-oro Dowo menuju Jalan Mayjend Panjaitan, Kota Malang atau Kandang Singa. Mereka menyanyikan lagu Bagi Mu Negeri sambil menyalakan smoke bomb hingga di depan Kantor Arema FC. 

Mereka membawa sejumlah poster tuntutan terkait sikap manajemen Arema FC yang dianggap tidak memiliki moral. 'How Are You Bos, You Care About 135+?. Yes I'm Care About Money' bergambar Iwan Budianto. 'Big Bos, Not Found' dan 'Aremania Berjuang Sendiri, Klubnya Tidak Peduli'. Tulis sejumlah poster Aremania. 

Sopir Angkot hingga Ojol di Kota Batu Sumringah Usai Dapat Bantuan dari Pemkot

Salah satu demonstran, Ferry mengatakan bahwa Tragedi Kanjuruhan yang membuat 135 jiwa meninggal dunia dan 600 lebih terluka telah menjadi pengalaman yang menyeramkan bagi ribuan pasang mata terutama publik Malang. Mereka menilai Tragedi Kanjuruhan adalah tindakan penggunaan kekuatan yang berlebihan (excessive use of force) melalui penggunaan gas air mata dan pengendalian massa yang tidak sesuai prosedur. 

"Dalam pengamanan ini tentu merupakan fenomena puncak gunung es bobroknya pengelolaan sepakbola Indonesia. Termasuk klub didalamnya yang mengesampingkan banyak aspek termasuk keselamatan supporter demi mengeruk laba sebesar-besarnya," kata Ferry. 

Pekan Panutan Pajak, Mas Adi Tekankan Pentingnya Kesadaran Membayar Pajak 

Aremania juga menilai ada beberapa pihak yang harus bertanggungjawab dalam Tragedi Kanjuruhan. Diantaranya, keamanan, panitia pelaksana pertandingan sebagai perpanjangan tangan klub Arema FC (PT AABBI). 

Mereka menganggap Panitia pelaksana pertandingan dalam menjalankan fungsinya tidak melaksanakan manajemen pertandingan sesuai prosedur yang ada. Pengamanan internal banyak yang melakukan kelalaian, kesiapan fasilitas, sarana dan prasarana pendukung pertandingan jauh dari standart. Kemudian Aremania juga menuding pengaturan jumlah penonton dan penentuan jumlah tiket tidak sesuai dengan kapasitas stadion. 

Halaman Selanjutnya
img_title