Rizky Ramdan : Urban Tourism Kota Malang Potensi Besar Dunia Wisata yang Perlu Digali

Rizky Ramdan saat memberikan penyampaian.
Sumber :
  • VIVA Malang / Galih Rakasiwi

Malang, VIVA – Perwakilan dari Biro Perjalanan dan praktisi bisnis digital Rizky Ramdan menilai adanya peluang besar yang dimiliki Kota Malang untuk mengembangkan urban tourism

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri Rapat Koordinasi Teknis Penanaman Modal dan Pariwisata, yang diinisiasi oleh Agung Buwana, seorang tokoh penting dalam pengembangan investasi daerah, Rabu, 2 Oktober 2024 kemarin.

Dalam kegiatan yang menghadirkan berbagai pelaku usaha, praktisi pariwisata, serta perwakilan tersebut membahas sektor bisnis digital untuk menentukan langkah strategis dalam memajukan potensi pariwisata, khususnya urban tourism di Kota Malang.

Rizky mengatakan, letak strategis Kota Malang yang berada di antara berbagai destinasi wisata unggulan di Malang Raya, termasuk Kabupaten Malang dan Kota Batu, menjadikan kota ini memiliki daya tarik yang luar biasa.

“Kota Malang memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan sebagai pusat urban tourism. Dengan berbagai tempat wisata yang sudah ada, mulai dari wisata alam, sejarah, kuliner, hingga belanja, kita bisa menawarkan pengalaman yang beragam bagi wisatawan lokal maupun mancanegara,” ujarnya, Kamis, 3 Oktober 2024.

Ketua BPC Hipmi Kota Batu ini menambahkan, infrastruktur yang memadai serta aksesibilitas yang baik ke berbagai destinasi wisata menjadikan Kota Malang memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan daerah lain. Hal ini, menurutnya, harus dimanfaatkan dengan baik untuk mengoptimalkan promosi dan pengembangan destinasi wisata urban. 

“Keberadaan infrastruktur yang baik menjadi faktor pendukung penting dalam menarik lebih banyak wisatawan. Selain itu, promosi melalui platform digital bisa menjadi kunci dalam memperkenalkan Kota Malang sebagai destinasi unggulan,” katanya.