Timsel Mulai Buka Pendaftaran, Dicari 5 Komisioner KPU Kota Malang

Timsel calon anggota Komisi Pemilihan Umum Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA Tim seleksi atau Timsel mulai membuka pendaftaran bagi calon anggota Komisi Pemilihan Umum Kota Malang sejak Jumat, 8 Maret 2024 besok hingga 19 Maret 2024. Calon Komisioner KPU Kota Malang bisa mendaftar melalui sistem informasi anggota KPU dan badan adhoc (siakba) pada situs siakba.kpu.go.id. 

Pemkot Batu Sediakan 900 Porsi Makanan Gratis saat Nobar Timnas U-23

"Untuk dokumen fisik bisa dikirim ke sekretariat Timsel di Hotel Novotel Samator Jalan Raya Kedung Baruk, Surabaya di ruang Argon 1," kata Anggota Timsel, Mukhammad Kholid Mawardi, Kamis, 7 Maret 2024.

Kholid menjelaskan bahwa Timsel minimal akan menjaring 20 calon anggota KPU dimana 30 persen diantaranya adalah kuota perempuan. Dari 20 nama nantinya akan diseleksi menjadi 10 dan 5 orang yang layak memenuhi persyaratan akan diumumkan sebagai komisioner KPU Kota Malang yang baru. 

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

"Kami pastikan bekerja secara independen bebas dari kepentingan partai politik. Karena Timsel terdiri dari dosen baik PTN maupun PTS dan satu dari Ormas. Sehingga kami akan bekerja secara independen," ujar Kholid. 

Tahapan pelaksanaan seleksi calon anggota KPU dimulai dari pengumuman pendaftaran, penerimaan pendaftaran, penelitian administrasi, penetapan hasil administrasi, dan pengumuman hasil administrasi. 

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

Kemudian dilakukan seleksi tertulis dan tes psikologi, penetapan hasil seleksi tertulis dan tes psikologi, pengumuman seleksi tertulis dan tes psikologi. Menerima masukan dan tanggapan dari masyarakat, tes kesehatan, wawancara, penetapan hasil tes kesehatan dan wawancara, pengumuman hasil tes kesehatan dan wawancara, ditutup dengan penyampaian calon Anggota KPU Kota Malang.

Anggota Timsel lainnya, Herlindah mengatakan, bahwa masukan dan saran dari masyarakat sangat dibutuhkan dalam proses penjaringan calon anggota KPU Kota Malang. Sebab, Timsel akan melakukan konfirmasi dan klarifikasi kepada pendaftar sebagai bahan pertimbangan atas informasi yang diterima dari masyarakat. 

Halaman Selanjutnya
img_title