Eksekutif dan Legislatif Mulai Bahas RPJPD, Titik Beratkan Pemerataan Pembangunan

Pembahasan Ranwal RPJPD Kota Batu tahun 2025-2045.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Rencana awal Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Batu tahun 2025-2045 mulai dibahas oleh eksekutif dan legislatif. Pembahasan tersebut dilakukan dengan mempedomani Visi Indonesia Emas 2045 sesuai Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2025-2045.

Momen Hardiknas 2024, Monumen Ki Hajar Dewantara di Jombang Terabaikan dan Kurang Terawat

Salah satunya yaitu memandang pembangunan sebagai suatu proses yang tidak cukup dengan reformasi, namun harus bertransformasi. Hal itu disampaikan oleh Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai.

Menurutnya, transformasi itu meliputi ekonomi, sosial, dan tata kelola berlandaskan sosial budaya dan ekologi serta dalam kerangka sarana prasarana dan kewilayahan. 

Masuk Tahapan Pemberangkatan, CJH Mulai Dilepas KBIH ke Kemenag Jombang

"Dalam merangkai konsep pembangunan jangka panjang, Kota Batu menekankan perwujudan transformasi sosial yang berkaitan erat dengan pemerataan kesehatan, pendidikan dan perlindungan sosial adaptif. Transformasi ekonomi diarahkan pada diversifikasi, inklusifitas, produktivitas, dan daya saing daerah," kata Aries, Jumat, 26 Januari 2024.

Begitu juga dengan transformasi tata kelola, lanjut dia, menjadi kunci untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas serta keterlibatan dan partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan. RPJPD Kota Batu Tahun 2025-2045 merupakan dokumen perencanaan strategis yang merinci arah kebijakan dan sasaran pokok pengembangan wilayah Kota Batu dalam jangka waktu 20 tahun.

Resep Widodo C Putro Mampu Selamatkan Arema FC dari Degradasi

"Dokumen ini disusun untuk mewujudkan suatu pembangunan yang berkelanjutan, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, serta mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya secara efisien. Yang mana dalam penyusunan RPJPD mempedomani visi Indonesia Emas 2045 dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2025-2045," ujar Aries. 

Sementara itu, Jubir DPRD Kota Batu, Sujono Djonet menanggapi bahwa dalam Ranwal RPJPD Kota Batu tahun 2025-2045 visi Kota Batu adalah 'MBATU'. Kata MBATU ini adalah merupakan akronim dari kata Madani, Berkelanjutan, Agroindustri, Tenteram dan Unggul.

Halaman Selanjutnya
img_title