Jelang Pemilu 2024, 4.277 KPPS Ikuti Bimtek KPU Kota Batu

Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto
Sumber :
  • VIVA Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Ribuan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu sebelum dilantik secara resmi pada Kamis, 25 Januari 2024.

Wanita Muda Asal Jakarta Ditemukan Tewas di Bawah Jembatan Tunggulmas Kota Malang

Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto mengatakan total ada 4.277 KPPS yang mengikuti Training of Trainers (TOT) kepada PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS se-Kota Batu.

"Bimtek itu kita gelar untuk menjelaskan secara rinci terkait pelaksanaan tugas KPPS di TPS pada hari pemungutan suara sebagai ajang persiapan dan internalisasi pemahaman kepada seluruh badan ad-hoc," katanya, Rabu, 24 Januari 2024.

Aksi Pencuri 'Obok-Obok' Sekolah SMA di Jombang Terekam CCTV

Dalam kegiatan bimtek tersebut, kata Heru, PPK dan PPS yang dituntut bisa menyampaikan hasil TOT kepada KPPS agar saat pelaksanaan Pemilu 2024 nantinya dapat berjalan dengan lancar.

Meski Bimtek yang dilakukan tidak bisa menuntaskan internalisasi pemahaman kepada semua KPPS, Ketua KPU Kota Batu mengatakan pihaknya akan melakukan strategi pendalaman materi.

Amarah Membara Karena Terbakar Api Cemburu, Jadi Motif Pria Muharto Bacok Istri

"Strategi pendalaman materi akan kita lakukan melalui forum yang berkelanjutan. Nanti akan diformulasikan strategi internalisasi karena tidak mungkin dalam satu hari selesai. Kami akan lanjutkan dengan pendalaman-pendalaman, nggak usah banyak-banyak, dikelompokkan melalui PPS. Itu salah satu formulasinya," bebernya.

Sementara, Anggota KPU Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM, Marlina berpesan agar setiap anggota PPK dan PPS menjaga integritas masing-masing demi terhindar dari pelanggaran kode etik sebagai penyelenggara Pemilu 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title