Ziarah ke Makam Gus Dur, Ganjar Kenang Semangat Pluralisme dan Kemanusiaan

Ganjar Pranowo saat ziarah ke makam Gus Dur.
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo melakukan ziarah ke makam para pendiri Nahdatul Ulama, dan makam presiden ke 4 RI, Kiai Haji Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, di Ponpes Tebuireng, Kabupaten Jombang, pada Jumat, 12 Januari 2024.

Masuk Tahapan Pemberangkatan, CJH Mulai Dilepas KBIH ke Kemenag Jombang

Usai tiba di Ponpes Tebuireng. Ganjar beserta rombongan yang didampingi Yeni Wahid disambut baik oleh pengasuh ponpes Tebuireng, Kiai Haji Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin yang kini menjabat Ketua PWNU Jatim

Mereka sempat melakukan pertemuan di ndalem kasepuhan Ponpes Tebuireng. Setelah melakukan pertemuan dengan pengasuh ponpes Tebuireng, Ganjar dan Yeni berziarah ke makam Kiai Haji Wahid Hasyim serta makam Gus Dur. 

Resep Widodo C Putro Mampu Selamatkan Arema FC dari Degradasi

Soal ziarah ke Makam Gus Dur. Dia mengaku ada hal-hal yang selalu dikenang dari mendiang Gus Dur. Dia selalu terinspirasi semangat perjuangan Gus Dur tentang pluralisme.

"Setiap ziarah di Tebuireng ini, kalau melihat makamnya Gus Dur itu ada yang menarik, anda perhatikan di batu nisannya, ada bahasa arab, ada bahasa inggris, ada bahasa cina Tiongkok, dan bahasa Indonesia," kata Ganjar. 

Lolos Dari Ancaman Turun Kasta Manajemen Arema FC Puji Kerja Keras Pemain

"Maka selalu yang kita ingat adalah, semangat perjuangan beliau dalam menjaga pluralisme, bhineka tunggal Ika, itu selalu yang terpenting, maka tidak jarang, di tempat lain beliau pun sangat dihormati, sehingga kita generasi penerus selalu, mengingat soal itu," ujar Ganjar.

Menurut Ganjar, karena ajaran dan semangat Gus Dur. Indonesia kini memiliki nilai toleransi yang tinggi terhadap sesama anak bangsa meski beda suku, agama dan ras.

Halaman Selanjutnya
img_title