Ratusan Surat Suara Pileg DPRD Kota Batu Rusak, Ada yang Kusut Hingga Pudar

Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto saat memantau pelipatan suara.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – 240 surat suara untuk pemilihan anggota legislatif DPRD Kota Batu rusak. Kerusakan itu meliputi bercak tinta, surat suara kusut, dan warna pudar.

Pedagang Pasar Pagi Mulai Berjualan di Pasar Induk Among Tani

Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto membenarkan hal tersebut. Dari data yang masuk hingga Minggu, 7 Januari 2024 siang ada 240 surat suara DPRD Kota Batu yang rusak.

"Dari total 240 surat suara rusak merupakan surat suara Dapil 1, 2 dan 3. Sedangkan Dapil 4 masih belum diketahui karena masih akan dilakukan pelipatan surat suara," kata Heru, Senin, 8 Januari 2024.

Efek Pilpres, Incumbent di Pilkada Jombang Tak Lagi Diusung Partai Koalisi pada Pilkada 2018-2023

Heru memprediksi kerusakan surat suara bisa bertambah, pasalnya pelipatan suara untuk Pilpres, DPR RI dan DPRD Provinsi belum dilakukan.

"Kerusakan bisa saja bertambah, setelah semua dilakukan pelipatan bisa diketahui berapa jumlah surat suara rusak. Nantinya KPU Kota Batu akan melaporkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi agar diganti dengan yang baru dari percetakan," tuturnya.

Pemkot Pasuruan Beri Pembinaan Petugas Pemulasaraan Jenazah

Perlu diketahui hingga Minggu 7 Januari kemarin untuk total surat suara terbaru yang tiba di gudang KPU Kota Batu sebanyak 346 kardus dan berisi 172.057 logistik surat suara DPRD Batu.

"Sedangkan secara keselurahan baik surat suara untuk Capres Cawapres, DPR RI dan DPRD Provinsi serta DPD sejumlah 840.285 surat suara," tuturnya.