Bawaslu Kota Batu Buka Rekrutmen Pengawas TPS di Pemilu 2024, Intip Syarat dan Jadwal Pendaftarannya

Ketua Bawaslu Kota Batu, Supriyanto.
Sumber :
  • Galih Rakasiwi/VIVA Malang

Batu, VIVA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Batu membuka kesempatan kepada lulusan SMA dan berusia minimal 21 tahun untuk mendaftar sebagai pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Pemilu 2024.

Rumah Mewah di Perumahan Pahlawan Trip B 27 Dieksekusi PN Malang

Ketua Bawaslu Kota Batu, Supriyanto, mengungkapkan bahwa pihaknya saat ini sedang membutuhkan sebanyak 611 personil sesuai jumlah TPS di Kota Batu pada Pemilu 2024 mendatang.

Supriyanto mengatakan, rekrutmen pengawas TPS di wilayah Kota Batu sendiri akan dibuka mulai tanggal 1 Januari 2024, sesuai dengan UU nomor 7 tahun 2017 rekrutmen pengawas TPS.

Cegah Terjerumus Investasi Bodong, Para Ibu-Ibu di Pasuruan Diajari Bisnis Trading

"Dalam rekrutmen nanti diawali dengan penyelenggaraan sosialisasi. Pengawas TPS harus terbentuk 21 hari sebelum pencoblosan yang jatuh pada 14 Februari. Di mana nantinya Pengawas TPS akan memiliki masa kerja selama 30 hari," kata Supriyanto, Jumat, 29 Desember 2023.

Bawaslu Kota Batu membuka pendaftaran pengawas TPS

Photo :
  • Galih Rakasiwi/VIVA Malang
Kembali Jadi Tempat Olahraga, Pemkot Batu Bersihkan Stadion Gelora Brantas

Selain syaratnya harus berusia minimal 21 tahun dan pendidikan SMA, dia mengatakan calon pengawas TPS harus ramah terhadap teknologi, minimal bisa mengoperasikan handphone (hp) Android.

"Melek teknologi sangat penting karena nanti ketika melaporkan dilakukan secara digital. Seperti foto, video dan pengisian form. Namun yang jelas setelah tahap perekrutan selesai Pengawas TPS akan diberi pembekalan oleh Bawaslu," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title