APBD Kota Malang 2024 Dipatok Rp2,5 Triliun, Target PAD Rp2,3 Triliun

Usai rapat paripurna penetapan APBD Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang

Malang, VIVA – Besaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024 telah disepakati oleh DPRD Kota Malang dan Pemerintah Kota Malang melalui rapat paripurna pada Kamis, 30 November 2023 kemarin. 

Live Streaming Indonesia U23 vs Uzbekistan U23 di RCTI dan Vision+

APBD disepakati sebesar Rp2,573 triliun. Sedangkan pendapatan daerah ditargetkan sebesar Rp2,366 triliun. Dengan rincian terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp970 miliar dan pendapatan transfer senilai Rp1,396 triliun. 

Selisih antara pendapatan dan belanja daerah ditutup dengan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) di tahun 2023. 

KONI, Dindik, dan DPRD Gelar Hearing Persiapan Porprov 2025, Ini Pembahasannya

Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika mengatakan, meski DPRD telah menyetujui besaran APBD. Mereka sebagai legislatif tetap memberikan catatan kepada Pemkot Malang. 

"Sebelum kami menyepakati. Terlebih dahulu ada pandangan fraksi. Ini semua merupakan usulan atau keluhan dari masyarakat. Ini membuktikan bahwa kedaulatan tertinggi sepenuhnya ada di tangan rakyat," kata Made. 

Abah Anton Mengaku Tak Kapok Maju Pilwali Meski Pernah Tersandung KPK

Politisi PDI Perjuangan itu menuturkan, bahwa Pemkot Malang harus memperhatikan serius pandangan akhir fraksi di DPRD Kota Malang. Karena jika tidak dilaksanakan maka anggaran yang telah ditetapkan bisa ditarik oleh DPRD. 

"Seandainya yang disampaikan dewan tidak dilaksanakan semua akan dirombak. Pintu masuknya nanti lewat APBD perubahan di pertengahan tahun 2024," ujar Made.