DPRD Kota Malang Tetapkan Target PAD 2024, Pemkot Malang Siap Realisasikan

Usai rapat paripurna penetapan APBD Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang

Malang, VIVA – Badan Anggaran DPRD Kota Malang telah menetapkan pendapatan daerah sebesar Rp2,366 triliun. Dalam upaya percepatan transformasi ekonomi penyerapan belanja daerah perlu didorong secara optimal dan dilakukan lebih awal (triwulan I). 

Perkuat Peningkatan Layanan, Kantor Imigrasi Malang Studi Tiru ke Semarang

Juru Bica Banggar DPRD Kota Malang, Rahman Nurmala mengatakan, mereka mendorong kepada Pemerintah Kota Malang dapat mengeksekusi belanja daerah secara responsif, optimal, dan efisien baik secara kualitas, produktivitas maupun kecepatannya. 

Tujuannya, agar belanja daerah dapat segera dirasakan manfaatnya, sehingga akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Nurmala menjelaskan anggaran yang sangat besar ada di program Pengelolaan dan Pengembangan Sistem Drainase yang terhubung langsung dengan sungai dalam daerah kabupaten/kota senilai Rp59.312.782.286,00 harus bisa mengurai permasalahan banjir. 

"Banjir selalu terjadi setiap tahun di beberapa titik di Kota Malang. Sehingga kejadian banjir yang terjadi di sejumlah kawasan pada tanggal 25 November 2023 lalu tidak terulang," kata Nurmala. 

Ribuan Penonton Padati Nobar Garuda Muda di Pasar Induk Among Tani

Penanganan pasca bencana sering kali tidak tuntas penyelesaiannya dan masih menyisakan permasalahan pada korban bencana, khususnya bencana yang terjadi di sepanjang bantaran sungai. Bantuan penanganan dasar pasca bencana yang disediakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sering kali membutuhkan swadaya masyarakat dengan nominal yang tidak sedikit. Penyebabnya, lintas kewenangan yang membatasi ruang kerja penanganan pasca bencana oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah. 

"Dalam hal ini, Badan Anggaran DPRD Kota Malang merekomendasikan kepada Pemerintah Kota Malang untuk dapat segera memformulasikan mekanisme penanganan pasca bencana baik secara horizontal maupun vertikal," ujar Nurmala.

Halaman Selanjutnya
img_title