3 Bulan Jelang Pemilu 2024, Ribuan Botol Tinta Mulai Tiba di KPU Kota Malang

Ribuan tinta Pemilu 2024 telah tiba di KPUD Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – Pemilihan Umum bakal dilakukan pada 14 Februari 2024 mendatang. Sejumlah kebutuhan logistik untuk pelaksanaan Pemilu mulai didistribusikan oleh Komisi Pemilihan Umum RI ke sejumlah daerah, termasuk Kota Malang. 

LPBH PBNU Bakal Lapor Polda Jatim atas Dugaan Pelanggaran Pengadaan Lahan Kampus UNISMA

KPU Daerah Kota Malang baru saja mendapat kiriman 4.904 botol tinta penanda pemilih telah menyalurkan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara atau TPS. Ribuan botol tinta itu tiba di kantor KPUD di Jalan Bantaran, Kota Malang pada Selasa, 24 Oktober 2023 kemarin. 

Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas mengatakan 4.904 botol tinta akan disebar ke 2.452 TPS yang ada di Kota Malang. Secara teknis, per satu TPS nantinya akan disuplai 2 botol tinta Pemilu

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

"Sudah ditetapkan sebanyak 2.452 TPS. Itu dikalikan 2, karena setiap TPS mendapat 2 botol tinta. Artinya Kota Malang dapat 4.904 botol tinta," kata Aminah, Rabu, 25 Oktober 2023.

Ribuan botol tinta itu yang terbungkus dalam 50 kardus berwarna coklat itu dipastikan memiliki kualitas yang baik. Bahkan, tinta yang nantinya menempel di jari pemilih baru akan hilang warnanya 3 hari kemudian.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

"Kualitasnya sudah teruji bahkan itu sekitar tiga hari tidak jilang di jari. Itu sudah diuji, kami juga diundang ke pabriknya di Tanggerang waktu itu," ujar Aminah. 

Setelah kiriman tinta pemilu, KPUD Kota Malang kini menanti kebutuhan logistik lainnya seperti kotak suara dan bilik suara. Kota Malang memerlukan 9.000 bilik suara dan 12.260 kota suara serta 10 kotak suara cadangan untuk Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 14 Februari 2024 mendatang.  

Halaman Selanjutnya
img_title