2 Pengusul Hari Santri Nasional Hadir dalam Peringatan di Balai Kota Malang

Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah dan Kiai Haji Thoriq bin Ziyad
Sumber :
  • Humas Pemkot Malang

Malang, VIVA – Upacara peringatan Hari Santri di Kota Malang digelar di Halaman Balaikota Malang, pada Senin, 22 Oktober 2023. Tampak Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah dan Kiai Haji Thoriq bin Ziyad alias Gus Toriq hadir dalam peringatan ini. 

Mas Dion, Kader Militan PKB Mantap Maju Cabup Pasuruan 2024

Peringatan hari santri ini tidak lepas dari peran besar kedua tokoh Ahmad Basarah dan Gus Thoriq bin Ziyad. Merekalah yang mengusulkan gagasan Hari Santri Nasional kepada Presiden Joko Widodo saat Presiden mengunjungi  Pondok Pesantren Babusalam Pagelaran Malang pada 2014 silam.

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat mengatakan, semangat santri dalam menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dan kebangsaan harus diteladani. Dia sepakat dengan fatwa Kiai Haji Hasyim Asyari tentang hubul wathon minal iman atau mencintai bangsa dan negara adalah sebagian dari iman.

Live Streaming Indonesia U23 vs Uzbekistan U23 di RCTI dan Vision+

"Semangat inilah yang harus kita teladani, dan terus kita dukung dan kembangkan untuk menjaga keutuhan NKRI yang berdasarkan Pancasila ini," kata Wahyu. 

Wahyu mencoba memaknai tema 'Jihad Santri, Jayakan Negeri' yang menjadi tema Hari Santri Nasional pada Tahun 2023. Dia mengajak masyarakat secara luas untuk meneladani semangat santri dalam berjihad menuju kebaikan. 

KONI, Dindik, dan DPRD Gelar Hearing Persiapan Porprov 2025, Ini Pembahasannya

"Kita perlu memperkuat semangat jihad dalam diri kita. Jihad yang dimaksud bukanlah jihad dalam arti perang, melainkan jihad dalam arti perjuangan untuk kebaikan, kemajuan, dan kesejahteraan bangsa. Kita semua memiliki peran penting dalam membangun negeri ini, dan mari kita tiru semangat juang para ulama dan kaum santri," ujar Wahyu. 

"Kaum santri adalah garda terdepan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan menjaga kerukunan umat beragama di Indonesia. Semoga semangat santri terus menyala dalam diri kita semua. Mari kita jaga persaudaraan dan persatuan nasional khususnya dalam menjalani tahun politik yang sedang berjalan di tanah air saat ini," tutur Wahyu. 

Halaman Selanjutnya
img_title