Mahfud MD Semakin Teratas di Jawa Timur Paling Disukai Warga NU

Paparan Survei Opini Publik Jawa Timur oleh UMM
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri telah mengumumkan bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo

Pemkot Batu Sediakan 900 Porsi Makanan Gratis saat Nobar Timnas U-23

Megawati Soekarnoputri menunjuk Mahfud MD sebagai bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo pada Rabu, 18 Oktober 2023. Pengumuman Mahfud MD sebagai Cawapres Ganjar dilakukan di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang berada di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat. 

Berdasarkan Survei Opini Publik Jawa Timur yang dilakukan oleh Pusat Studi Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang. Keputusan PDIP memilih Mahfud MD dianggap sangat tepat. 

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

Sebab, di Jawa Timur yang memiliki 20 persen jumlah pemilih nasional. Nama Mahfud MD lebih unggul ketimbang Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Ketua PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Dimana ketiganya asli Jawa Timur. 

"Pak Mahfud MD berada di posisi lebih unggul daripada Cak Imin. Dari hasil survei ini Cak Imin untuk mampu menyetarai Mahfud MD dia harus melewati Khofifah dulu. Artinya di Jawa Timur jika diurutkan ada nama Mahfud MD, Khofifah baru Cak Imin," kata Pengamat Politik UMM, Ruli Inayah Ramadhoan, Rabu, 18 Oktober 2023. 

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

Sebelumnya, Pusat Studi Ilmu Politik UMM melakukan survei di Jawa Timur pada September 2023 dengan responden sebanyak seribu orang. Dari hasil survei ini ada kenaikan elektabilitas bagi Cak Imin dari 5,8 persen pada Juli 2023 menjadi 10,9 persen pada September 2023.

Walaupun ada kenaikan, elektabilitas Cak Imin masih jauh di bawah Cawapres Mahfud MD. Cak Imin berada di urutan ke 5 di bawah Mahfud MD dengan 19,4 persen, Khofifah Indar Parawansa 14,5 persen, Ridwan Kamil 11,1 persen, dan Sandiaga Uno 10,9 persen. 

Halaman Selanjutnya
img_title