Ini Pedoman Pelaksanaan Karnaval di Kota Batu, Tak Patuh Bisa Dibubarkan

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVAKarnaval atau kegiatan hingga malam hari dengan pengeras suara masih banyak dijumpai di Kota Batu. Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mengeluarkan pedoman pelaksanaan karnaval.

Viral Dugaan Pemerasan di Lawang, Polres Malang Lakukan Penyelidikan

Dalam surat edaran (SE) nomor 301/2446/422.205/2023 yang dikeluarkan ada 8 poin penting yang harus dipatuhi bagi siapapun yang akan menggelar karnaval. 

Pertama yaitu penyelenggara maupun peserta wajib memperhatikan etika, budaya, dan kesopanan. Kedua, tidak berlebihan dalam menggunakan sound system atau pengeras suara. Selain itu tidak mempergunakan truk, peserta hanya diperbolehkan menggunakan mobil pick up atau sejenisnya.

Wanita Muda Asal Jakarta Ditemukan Tewas di Bawah Jembatan Tunggulmas Kota Malang

Ketiga, dilarang menyalakan petasan, membawa senjata tajam, minuman keras, dan narkoba. Keempat, membatasi jumlah peserta maksimal selesai jam 21.30 Wib, agar tidak menganggu aktifitas dan istirahat masyarakat lainnya. 

Kelima, tidak melaksanakan karnaval hari Sabtu dan Minggu serta tidak menutup jalan protokol provinsi atau kota agar tidak menganggu jalur logistik maupun wisatawan. 

Aksi Pencuri 'Obok-Obok' Sekolah SMA di Jombang Terekam CCTV

"Nah keenam, terhadap poin 2 dan 5 para penyelenggara wajib membuat surat pernyataan kesanggupan baik peserta maupun panitia kalau terbukti melanggar akan diberhentikan oleh instansi terkait seperti Polisi, Satpol PP, Camat, Desa, dan sebagainya," katanya, Kamis 24 Agustus 2023.

Ketujuh, sebelum karnaval panitia wajib meminta izin terlebih dahulu kepada Polres Batu dan Dinas Perhubungan Kota Batu terkait rute yang akan dilalui dalam pelaksanaan.

Halaman Selanjutnya
img_title