Catatan Dirjen Otda Kemendagri pada Pemkot Batu, Salah Satunya Angka Pengangguran

Dirjen Otda Kemendagri RI, Akmal Malik.
Sumber :
  • Diskominfo Kota Batu

Malang, VIVADirjen Otda Kemendagri RI, Akmal Malik memberikan empat catatan penting kepada pada Pemkot Batu. Catatan itu ia sampaikan saat menjadi pemateri dalam pembinaan dan penguatan evaluasi kinerja Pemkot Batu dan netralitas ASN di Gedung Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Jumat 14 Juli 2023. 

LPBH PBNU Bakal Lapor Polda Jatim atas Dugaan Pelanggaran Pengadaan Lahan Kampus UNISMA

Dari evaluasi Kota Batu tahun 2021, ada beberapa catatan yang Ia sampaikan. Pertama melakukan tata kelola pemerintah daerah berbasis data presisi sebagai upaya reformasi birokrasi yang nyata. 

Kedua, penanganan angka pengangguran. Ketiga, pengelolaan persampahan, dan keempat penataan lingkungan hidup untuk dilakukan perbaikan. 

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

"Saya harap catatan itu menjadi hal penting bagi perbaikan-perbaikan melalui langkah birokrasi. Semua ini sebagai upaya melakukan evaluasi penyelenggaraan kinerja seperti kita lakukan di 34 provinsi di Indonesia," katanya.

Pihaknya melihat secara umum kinerja Pemkot Batu bagus pada 2021 dan sekarang mulai proses evaluasi 2022-2023.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Kuncinya adalah hadirnya data yang lebih presisi. Karena dana APBD yang besar sekalipun bila tidak tepat sasaran tidak mungkin bisa maksimal.

"Namun kami melihat kinerja Pemkot Batu sudah bagus dan tinggal memastikan alokasi dana yang ada tepat sasaran. Pesan saya OPD berhati-hati agar terhindar dari persoalan hukum. Bahkan penggunaan fasilitas negara dan kewenangan, semua harus menggunakan SOP yang jelas dalam hal pelayanan atau eksekusi," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title