E-katalog Jembatani Pemkot Batu dengan Masyarakat untuk Maksimalkan Produk Lokal

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai
Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai
Sumber :
  • Diskominfo Kota Batu

Batu, VIVA – Pemerintah Kota Batu berupaya semakin dekat dengan masyarakat dan berkontribusi dalam peningkatan ekonomi. Salah satunya melalui program E-katalog.

Dari E-katalog Pemerintah Kota Batu bakal memaksimalkan belanja produk lokal, hal itu sejalan dengan instruksi Presiden RI bahwa alokasi anggaran pembelanjaan produk lokal oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lewat E-katalog, minimal 40 persen.

Saat lounching E-purchasing Award 2023 dan Bangga E-Lokal, Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mengatakan dari ke depan semua transaksional pembelanjaan OPD bakal melalui program E-katalog. Sehingga produk lokal bisa masuk dan terbeli oleh pemerintah setempat serta menghindari adanya transaksi secara langsung.

"Sehingga melalui E-katalog produk-produk lokal masyarakat bisa dipasarkan kepada pemerintah. Transaksi pun bakal lebih jelas, karena tidak ada transaksi langsung demi menghindari transaksi yang tidak diharapkan," katanya, Selasa 27 Juni 2023.

Nanti melalui E-katalog tidak ada lagi masyarakat yang terpinggirkan, sebab semua produk bisa masuk E-katalog. Supaya maskimal, Aries bakal memberikan reward dan punishment bagi OPD seperti yang telah dilakukan oleh Badan Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Setda Kota Batu dalam launching Bangga E-lokal dan E-Purchasing reward di Graha Pancasila.

"Nanti akan ada reward bagi OPD Pemkot Batu dengan penilaian indeks seperti belanja tinggi hingga akses ke E-katalog. Sebaliknya kami juga memberikan punishment bagi OPD yang belanjanya rendah atau yang tidak menggunakan E-katalog produk lokal," katanya.

Selanjutnya, Kepala Badan Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Setda Kota Batu, Dian Fachroni mengatakan untuk Kota Batu menargetkan 2.500 produk lokal yang bisa tayang di E-katalog dengan target belanja Rp105 miliar.