Sandiaga Uno Jadikan Kayutangan Sebagai Ikon Kampung Heritage Indonesia

Menparekfraf Sandiaga Uno di Kayutangan Heritage
Sumber :
  • Viva Malang

MalangMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekfraf) Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, Kayutangan Heritage di Kota Malang memiliki potensi wisata yang luar biasa. Dia berkesempatan menjelajah kawasan Kayutangan Heritage hingga ke kawasan padat penduduk di daerah ini, Minggu, 16 April 2023. 

Diduga Bunuh Diri, Pria di Jombang Nekat Terjun ke Sungai Brantas

Sandiaga kepada para pelaku wisata di Kayutangan Heritage mengatakan ada peluang besar pergerakan wisatawan di Indonesia yang mencapai 123,8 juta. Dari pergerakan sebesar itu, perputaran ekonomi yang terjadi diprediksi mencapai Rp100 triliun hingga Rp150 triliun. 

"Peluang ini harus ditangkap oleh masyarakat di sekitar sini. Makanya saya tadi ngecek langsung kesiapan desa wisata dan Kampung Heritage," kata Sandiaga. 

Pembelaan Widodo C Putro Usai Arema FC Kalah dari PSS

Sandiaga mengatakan, bahwa potensi Kayutangan Heritage cukup besar untuk mendatangkan gelombang wisatawan. Dia memprediksi jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Malang tahun ini meningkat 40 persen. Pada tahun lalu ada 13 juta wisatawan yang hadir ke Kota Malang. 

"Ini sebagai bentuk mengecek kesiapan di Kayutangan Heritage. Karena Kota Malang ini, akan membeludak kunjungan wisatawannya, diperkirakan sekitar 40 persen dari tahun lalu," ujar Sandiaga. 

Perputaran Uang saat Libur Lebaran di Kota Batu Diprediksi Capai Rp200 Miliar

Sandiaga bahkan cukup yakin Kayutangan Heritage bisa berkontribusi dalam program pemerintah untuk menciptakan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024 mendatang. Apalagi hasil pemantauan pada malam hari dan pagi hari, Sandiaga melihat geliat perekonomian di Kayutangan Heritage cukup ramai.

"Targetnya ini momen untuk menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja, 4,4 juta lapker di 2024 diawali oleh desa wisata Kampung Heritage Kayutangan," tutur Sandiaga.

Halaman Selanjutnya
img_title