Kota Malang Raih Penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2023 Karena Punya MCC

Wali Kota Malang, Sutiaji
Sumber :
  • Humas Pemkot Malang

Malang – Kota Malang diganjar Penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2023 untuk kategori Pusat Edukasi dan Pengembangan Ekonomi Kreatif oleh TV One. Penghargaan diterima langsung oleh Wali Kota Malang, Sutiaji di Jakarta pada Sabtu, 25 Februari 2023 kemarin.

Dua Pemain Arema FC Women Ikut TC Timnas Indonesia Wanita U17 di Bali

Penghargaan ini diraih karena daerah ini dijuluki sebagai kota kreatif dan kota pendidikan. Di daerah ini setidaknya ada 60 perguruan tinggi dengan beragam disiplin ilmu. Tak heran Kota Malang menjadi salah satu kota jujugan studi di Indonesia. 

Keberadaan puluhan Perguruan Tinggi membuat Kota Malang menjadi lumbung sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas. Potensi inilah yang menjadi kekuatan. Pemerintah Kota Malang sendiri bertekad akan terus menguatkan untuk mengarah ke sektor ekonomi kreatif.

Wujudkan Emansipasi Wanita, Ada Penampakan Baru pada Pelayanan SIM Satlantas Polres Jombang

"Ini potensi yang luar biasa. Mereka terlibat dalam 17 subsektor ekonomi kreatif sudah berjalan semua. Bahkan saya temukan ada seorang yang terlihat menganggur tapi ternyata punya 160 karyawan dengan pasar untuk produknya hingga luar negeri," kata Sutiaji, Senin, 27 Februari 2023. 

Kota Malang pun menyiapkan infrastukturnya dengan membangun Malang Creative Center (MCC) sebagai wadah bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk dapat berkolaborasi dan berkembang bersama demi membangkitkan perekonomian. 

Polres Malang Bongkar Praktik Industri Rumahan Sabu di Jatim

"Dalam dua hari kita open call untuk MCC sudah ada sekitar 300 UMKM dan pelaku ekonomi kreatif berminat. Ada pula ketertarikan dari Inggris, Australia dan Polandia untuk menjadi buyer produk-produk lokal Kota Malang," ujar Sutiaji. 

Pemerintah Kota Malang mengklaim MCC lahir dari aspirasi bottom up yang  menunjukkan bahwa Kota Malang tak hanya mengandalkan konsep top down saja dalam melaksanakan pembangunan. Tujuannya agar pelaku industri kreatif punya rasa memiliki yang kuat karena menjadikan MCC sebagai rumah. 

Halaman Selanjutnya
img_title