Pemkot dan Pemkab Malang Akhirnya Sepakat PKS Baru Sumberpitu dan Wendit

Pemkot Malang dan Pemkab Malang sepakat kerjasama
Sumber :
  • Humas tugu tirta.

MalangPemerintah Kota Malang dan Pemerintah Kabupaten Malang akhirnya sepakat melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) tentang Pemanfaatan Sumber Air yang Terletak di Wilayah Kabupaten Malang. Perjanjian dilakukan, di Surakarta, Jawa Tengah, pada Jumat 30 Desember 2022 kemarin.

Satreskrim Polres Batu Bongkar Perjudian Sabung Ayam di Giripurno

Pertemuan ini diinisiasi Tim Korsupgah KPK. Pihak yang hadir antaralain Bupati Malang M Sanusi serta Wali Kota Malang Sutiaji. Bupati Sanusi hadir bersama jajaran perangkat daerah terkait. Begitu pula Walikota Sutiaji juga didampingi Sekretaris Daerah, Asisten, Kepala OPD dan Direksi Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, Nor Muhlas

Dalam perjanjian kerjasama, ini telah disepakati mengenai mekanisme pengelolaan dan pemanfaatan sumber-sumber mata air diantaranya Sumberpitu dan Sumber Wendit. Termasuk di dalamnya mengatur mengenai beban pengusahaan sumber daya mata air yang dimanfaatkan dan tarif kompensasinya. 

Cabor BMX Kota Batu Terancam Gagal Jadi Tuan Rumah Porprov 2025

Tanggungan antara pihak kesatu dan kedua juga masuk klausul untuk kemudian menjadi kewajiban yang harus diselesaikan. Perjanjian ini berlaku selama lima tahun. Dengan pembaruan bisa dilakukan tiga bulan sebelum tenggat waktu kadaluwarsa.

"Hal ini menjadi kabar baik demi terjaminnya suplai layanan yang memanfaatkan sumber-sumber mata air dari wilayah Kabupaten Malang. Tentu saja dengan adanya perjanjian kerjasama ini membuat kami bisa fokus bekerja lebih optimal tanpa dihantui kekhawatiran atas polemik-polemik terkait sumber mata air," kata Dirut Perumda Tugu Tirta, M Nor Muhlas. 

Jadwal Lengkap Pertandingan Perempat Final Piala Asia U23 2024

Pihaknya meyakini kesepakatan kedua pemerintah daerah adalah keputusan terbaik yang harus dihormati. Muhlas berharap semua klausul bisa dijalankan sebaik mungkin, utamanya antara dua BUMD Air Minum terkait yakni Tirta Kanjuruhan dan Perumda Tugu Tirta.