Museum Omah Munir Jadi Tempat Belajar Nilai-nilai HAM

Suciwati istri mendiang Munir
Sumber :
  • Diskominfo Pemkot Batu

Malang – Pemerintah Kota Batu bersama pengurus yayasan Museum HAM Omah Munir, menyepakati perjanjian kerjasama pengelolaan Museum di ruang rapat Balai Kota Among Tani, Senin, 28 November 2022. Museum HAM Omah Munir sendiri telah dibangun pada akhir tahun 2019.

Angka Bencana Tinggi, Pemkot Batu Usulkan Anggaran BTT Sebesar Rp 23,4 Miliar

Perlu diketahui Museum HAM Omah Munir berada di Jalan Sutan Hasan Halim, Kota Batu. Bangunan tiga lantai yang berdiri diatas tanah 2.200 meter persegi itu akan memuat berbagai tatanan dan promosi nilai-nilai HAM.

Pengurus yayasan Museum HAM Omah Munir yaitu Suciwati berharap keberadaan Museum HAM Omah Munir bisa menjadi ruang pembelajaran bersama. Istri mendiang aktivis HAM, Munir Said Thalib itu merasa senang dengan kerjasama ini. 

Pemkot Batu Terima Penghargaan dari KPK Sebagai Instansi Terbaik Pariwara Antikorupsi

“Akhirnya kesepakatan ini bisa terwujud, semoga museum ini nantinya bisa menjadi ruang pembelajaran bagi semua masyarakat terkait nilai-nilai HAM. Tidak hanya untuk Kota Batu, tetapi juga masyarakat Indonesia,” kata Suciwati.

Sementara itu, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, mengatakan, kerjasama ini bisa menjadi awal yang baik untuk mengenalkan pendidikan HAM di Kota Batu. Menurutnya, pendidikan Hak Asasi Manusia tidak hanya terbatas pada pembelajaran di sekolah saja, keberadaan Museum HAM Omah Munir juga bisa menjadi salah satu media pembelajaran untuk memperkenalkan nilai-nilai HAM di Indonesia.

Disela Kegiatan Dinas, Pj Wali Kota Batu Jenguk Perempuan Asal Junrejo Pasca Operasi Jantung

"Mari kita mengelola museum ini dengan baik, semua sekolah di Kota Batu mulai dari SD, SMP dan SMP harus dikenalkan dengan nilai HAM,” ujar Dewanti.