Museum Omah Munir Jadi Tempat Belajar Nilai-nilai HAM

Suciwati istri mendiang Munir
Sumber :
  • Diskominfo Pemkot Batu

Malang – Pemerintah Kota Batu bersama pengurus yayasan Museum HAM Omah Munir, menyepakati perjanjian kerjasama pengelolaan Museum di ruang rapat Balai Kota Among Tani, Senin, 28 November 2022. Museum HAM Omah Munir sendiri telah dibangun pada akhir tahun 2019.

EKRUTES.ID Bantu Pencari Kerja Lewat Program Khusus

Perlu diketahui Museum HAM Omah Munir berada di Jalan Sutan Hasan Halim, Kota Batu. Bangunan tiga lantai yang berdiri diatas tanah 2.200 meter persegi itu akan memuat berbagai tatanan dan promosi nilai-nilai HAM.

Pengurus yayasan Museum HAM Omah Munir yaitu Suciwati berharap keberadaan Museum HAM Omah Munir bisa menjadi ruang pembelajaran bersama. Istri mendiang aktivis HAM, Munir Said Thalib itu merasa senang dengan kerjasama ini. 

Atlet Downhill Asal Kota Batu Berhasil Jadi Juara Asian Mountain Bike di Malaysia

“Akhirnya kesepakatan ini bisa terwujud, semoga museum ini nantinya bisa menjadi ruang pembelajaran bagi semua masyarakat terkait nilai-nilai HAM. Tidak hanya untuk Kota Batu, tetapi juga masyarakat Indonesia,” kata Suciwati.

Sementara itu, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, mengatakan, kerjasama ini bisa menjadi awal yang baik untuk mengenalkan pendidikan HAM di Kota Batu. Menurutnya, pendidikan Hak Asasi Manusia tidak hanya terbatas pada pembelajaran di sekolah saja, keberadaan Museum HAM Omah Munir juga bisa menjadi salah satu media pembelajaran untuk memperkenalkan nilai-nilai HAM di Indonesia.

Tamzil Ainnur Rizal, Sosok Potensial yang Ramaikan Bursa Pilkada Batu 2024

"Mari kita mengelola museum ini dengan baik, semua sekolah di Kota Batu mulai dari SD, SMP dan SMP harus dikenalkan dengan nilai HAM,” ujar Dewanti.