Saat Ratusan ASN Kota Malang Tiba-tiba Tes Urine Massal

Tes urine ASN Pemkot Malang
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Sebanyak 536 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Malang (Pemkot) tiba-tiba jalani tes urine massal di gedung Malang Creative Center alias MCC, pada Senin, 21 November 2022. 

Upaya Perlindungan Anak di Kota Pasuruan Mendapat Apresiasi Tim Kunjungan UNICEF

Pemkot Malang menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Malang dalam pelaksanaan tes urine ini. Wali Kota Malang, Sutiaji menyebut tes urine bagian dari deteksi dini sekaligus sikap tegas perang terhadap narkoba. 

Tes urine ini digelar secara mendadak sehingga ratusan ASN ini tidak ada yang mengetahui agenda ini. Adapun ASN yang di tes urine mulai dari Kepala Dinas, Lurah, Camat sampai kepala seksi di satuan OPD. 

Mantan Ketua DPRD Jombang Kritik Rencana Pembelian Mobdin Untuk Pimpinan Baru

"Jadi kita lakukan tes narkoba dan tidak ada yang tahu. Karena kalau tahu kan takutnya ada yang nggak ikut alasan kemana-kemana. Ini menjadi bagian komitmen kami untuk mengawal yang namanya ASN itu bersih dari hal-hal yang tidak diinginkan dan melanggar aturan," kata Sutiaji. 

Sutiaji menyebut, langkah preventif seperti tes urine harus diimbangi dengan langkah promotif yakni sosialisasi bahaya narkoba. Jika ada ASN yang terbukti positif narkoba itu hak BNN untuk menindaklanjuti lebih dalam. Ia juga berharap tidak ada ASN di Kota Malang yang positif narkoba.

Sopir Angkot hingga Ojol di Kota Batu Sumringah Usai Dapat Bantuan dari Pemkot

"Ya sesuai dengan itu kita ada dua kali. Ini kan kami bagi anggarannya berada di Dinas Kesehatan ada 1000. Kalau ini nanti kita sampling. Sekarang mungkin kita sampling di fungsional- fungsional, kalau ini kan struktural. Ya kita ikuti aturannya, itu bukan domain saya. Kalau ada yang ditemukan itu domainnya BNN. Entah itu masuk ke rehabilitasi atau masuk pada penindakan, itu bukan domain kami," tutur Sutiaji.