Kota Malang Diganjar Smart Branding Berkat Implementasi Kota Cerdas

Kota Malang raih Best Smart Branding kategori kota
Sumber :
  • Humas Pemkot Malang

Malang – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang meraih prestasi di ajang Indonesian Smart Nation Awards (ISNA) 2022. Penghargaan kategori Best Smart Branding kategori kota dalam gelaran ISNA ke-5 diterima Wali Kota Sutiaji, di ICE BSD Tangerang, Kamis, 17 November 2022. 

Wujudkan Emansipasi Wanita, Ada Penampakan Baru pada Pelayanan SIM Satlantas Polres Jombang

Ada beberapa faktor yang membuat kota ini mendapat penghargaan itu. Salah satunya implementasi pengembangan Malang Kota Cerdas atau Smart City yang inovatif salah satunya melalui strategi mewujudkan Malang Heritage seperti dalam menghidupkan kawasan Kayutangan. 

"Penghargaan bagi kami adalah pemacu untuk mendorong agar lebih maju. Inovasi bagi kami menjadi keharusan karena dunia terus berkembang. Tuntutan masyarakat terus menuntut kita untuk smart dan inovatif,” kata Sutiaji.

Polres Malang Bongkar Praktik Industri Rumahan Sabu di Jatim

Sutiaji menuturkan bahwa ada enam komponen smart city yaitu Smart Governance, Smart Economy, Smart Living, Smart Environment, Smart Society dan Smart Branding menjadi poin penting dalam mewujudkan smart city. 

Langkah Pemkot Malang untuk mewujudkan wilayahnya sebagai smart city salah satunya ditekankan terkait pariwisata yakni pengembangan Kota Malang sebagai Malang Heritage Tourism dari segi smart branding.

Rekayasa Lalin di Sawojajar Dilakukan 5 Hari, Efek Pipa PDAM dan Jalan Ambles

“Kota Malang telah memiliki perencanaan induk kota cerdas yang telah ditetapkan dalam peraturan Kepala Daerah. Di mana lebih dari 50 persen program di masing-masing enam komponen smart city tersebut berjalan sesuai rencana yang telah disusun. Misalnya, dalam dimensi smart branding salah satu programnya melalui Malang Heritage Tourism yaitu Kayutangan Heritage,” ujar Sutiaji. 

Dalam penilaian dan penganugerahan ISNA 2022, Citiasia melibatkan panel ahli sebagai dewan juri, yaitu Dr. Ir. Cahyana Ahmadjayadi (Senat Telkom University), Dr. Ashwin Sasongko (Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN), Farid Subkhan (Digital Business Subject Matter), Berly Martawardaya (Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia), Fitrah R Kautsar (CEO Citiasia Inc), Hari Kusdaryanto (CIO Citiasia Inc).

Halaman Selanjutnya
img_title