Wagub Emil Ajak Kolaborasi Jaga Ketersediaan dan Ketahanan Pangan

Wagub Jatim Emil Dardak (tengah)
Sumber :
  • Istimewa

Malang – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak membuka Gelar Pangan Nusantara 2022 dalam Peringatan Hari Pangan Sedunia di Universitas Brawijaya Malang, pada Sabtu, 22 Oktober 2022. Tema yang diangkat, 'Bersama Wujudkan Pangan Kuat, Indonesia Berdaulat'. 

KONI Beri Dukungan Penuh Untuk Siwo PWI Malang Raya di Ajang HUT Kota Malang ke 110

Acara ini dihadiri Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Wakil Bupati Malang Gatot Subroto, dan Rektor Universitas Brawijaya Malang Widodo. Wagub Emil menyampaikan urusan pangan dan ketahanan pangan merupakan suatu isu yang menyangkut berbagai multi disiplin ilmu.

“Urusan ketersediaan bahan pangan dan ketahanan pangan ini bukan hanya milik salah satu sektor, tetapi multi disiplin issuenya, kita bicara tata niaga, kita bicara culture, contohnya apa? pilihan apa yang akan kita makan itu tergantung pada culture," kata Emil. 

Diajak Nonton Bokep Bareng, 2 Pelajar SD di Jombang Dicabuli Saudaranya

Pemprov Jatim saat ini sedang menata dan meningkatkan sektor Agro dalam salah satu dari 9 Program Nawa Bhakti Satya, yaknj Jatim Agro. Mereka ingin sektor agro menjadi konsen seluruh pihak.

Jawa Timur sendiri merupakan provinsi dengan dengan produksi padi nomer satu nasional, dengan jumlah 9,94 juta ton gabah kering giling tahun 2021 surplusnya 1,35 juta ton yang bisa mendukung ketersediaan beras di 16 provinsi lain.

Tumbang di Tangan Indonesia U23, Pelatih Australia U23 Akui Garuda Muda Buat Pemainnya Frustasi

"Secara kultur masyrakat kita bergantung pada olahan gandum seperti mie instan sehingga ketika ada gejolak perang Rusia-Ukraina kita kelimpungan, untuk itu kita berharap 77 jenis sumber pangan karbohidrat 75 jenis pangan sumber protein, 26 jenis kacang kacangan, 228 sayuran, 389 buah buahan. Semua bisa kita optimalkan," ujar Emil.

Emil mengatakan sektor agro masih berhubungan dengan kemiskinan di Jawa Timur, beberapa temuan menggambarkan pengangguran ada dikisaran angka 3 persen namun kemiskinan dapat menyentuh angka 14 sampai 18 persen.

Halaman Selanjutnya
img_title