Sabawa, Kunci Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Kota Batu
- Prokopim KWB
Batu, VIVA – Pemerintah Kota Batu berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui optimalisasi program Satu Data. Pasalnya Satu Data sangat penting untuk pengelolaan data yang akurat dan berkualitas demi memecahkan berbagai persoalan daerah.
Kegiatan ini diisi dengan sesi sosialisasi yang menghadirkan sejumlah pakar dari tingkat nasional dan akademisi. Narasumber utama meliputi Kepala Pusat Data dan Informasi Bappenas RI, Agung Indrajit, Direktur Eksekutif Satu Data Indonesia Bappenas RI, R
Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai menyampaikan saat Sosialisasi Evaluasi Penyelenggaraan Satu Data Indonesia Tingkat Kota Batu 2024 dan Satu Data Kota Batu Award (Sabawa) 2024 yang digelar di Hotel Aston, Senin 18 Desember 2024.
"Satu data merupakan aset strategis yang dapat mendukung terwujudnya pelayanan publik yang lebih baik dan aset cukup penting bagi kita untuk meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan publik di Kota Batu," katanya.
Oleh karena itu, data harus benar dan berkualitas sehingga menjadi kunci berbagai permasalahan di Kota Batu. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, butuh kerjasama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Batu dengan menerapkan lima langkah strategis.
"Langkah tersebut meliputi penguatan koordinasi antar instansi, peningkatan kualitas data melalui pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tepat, pemanfaatan teknologi, sosialisasi program secara masif, dan pengembangan inovasi berbasis data. Dengan langkah strategis ini, kita yakin Satu Data di Kota Batu akan mampu menyelesaikan pekerjaan rumah kita sehingga Kota Batu terus melejit, maju, dan pelayanan publik semakin terdampak,” tuturnya.
Dalam acara tersebut, Pemerintah Kota Batu juga memberikan apresiasi kepada enam OPD yang dinilai terbaik dalam implementasi Satu Data. Penghargaan diharapkan dapat memotivasi OPD lain untuk meningkatkan kualitas pengelolaan data.
Selain itu berikut daftar OPD yang meraih penghargaan terbaik pertama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu. Terbaik kedua, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. Terbaik ketiga, Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan. Terbaik keempat, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Terbaik kelima, Dinas Perhubungan. Terbaik keenam, Inspektorat Kota Batu.
Kemudian penghargaan juga diberikan kepada Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batu dan Universitas Muhammadiyah Malang atas kontribusi mereka dalam kolaborasi dan sinergi membangun sistem Satu Data di Kota Batu.