Imbas Kebakaran Pasar Comboran, Pemkot Malang Akan Lakukan Penataan Ulang

Kondisi Pasar Comboran saat kebakaran.
Sumber :
  • VIVA Malang / Uki Rama

Malang, VIVA – Pemerintah Kota Malang akan melakukan penataan ulang fungsi Pasar Comboran Barat. Pasar ini baru saja terbakar hebat pada Jumat, 13 September 2024 sekira pukul 18.10 WIB. Api baru dapat dijinakan pada pukul 21.30 WIB. 

Hadapi Potensi Bencana, Relawan Malang Raya Gelar Pelatihan SAR

Setidaknya, 60 petugas gabungan dan 4 unit mobil damkar diterjunkan menangani kebakaran ini. Selain itu personel gabungan dari Satpol PP, BPBD, TNI, Polri dan relawan lainnya saling berjibaku untuk memadamkan si Jago Merah. 

Untuk penataan perlu dilakukan mengingat lantai 2 dan lantai 3 pasar diduga ada beberapa lapak atau kawasan yang digunakan tidak semestinya. Pemkot Malang berencana melakukan pertemuan dengan para pedagang untuk membahas perkara ini. 

Tim Labfor Cari Penyebab Kebakaran Pasar Comboran, 2 Orang Saksi Diperiksa

"Memang perlu ada perhatian khusus yang perlu didiskusikan terkait bagaimana fungsi pasar yang perlu ditata kembali sebagaimana mestinya," kata Pj Wali Kota Malang, Iwan Kurniawan

Iwan mengatakan, bahwa dia ingin berbincang dengan semua pemangku kebijakan untuk membahas masa depan pedagang pasca kebakaran.

Abah Anton Ingin Kembali Hidupkan Kampung Tematik di Kota Malang

"Pasca kebakaran ini, nanti kita akan bertemu dengan semua stakeholder termasuk paguyuban pedagang, nanti kita diskusikan bersama agar kejadian ini tidak terulang," ujar Iwan. 

Sejauh ini memang tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran in. Namun, kerugian material ditaksir mencapai miliaran rupiah karena puluhan lapak terbakar beserta barang dagangan serta 11 mobil terbakar. 

Halaman Selanjutnya
img_title