Dishub Siapkan Uji Coba e-Parkir di Sekitar Alun-Alun, Bayarnya Lewat QRIS

Kadishub Kota Batu Hendri Suseno
Sumber :
  • VIVA Malang (Galih Rakasiwi)

Batu, VIVADinas Perhubungan Kota Batu tengah bersiap untuk memberlakukan uji coba sistem E-parkir di beberapa titik strategis, khususnya di sekitar Alun-alun Kota Batu. 

Bantengan Nuswantara di Kota Batu Sedot Animo Masyarakat dan Wisatawan

Inovasi ini mengandalkan pembayaran non tunai melalui QRIS, dan diharapkan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir tepi jalan.

Kepala Dishub Kota Batu, Hendri Suseno, mengatakan bahwa sistem E-parkir ini akan mulai diuji coba pada bulan Oktober paling lambat.

Puluhan Ribu Masyarakat Kota Batu Antusias Ikuti Mlaku Bareng Cak Nur

"E-parkir dulu sempat diluncurkan, namun mati suri. Di zaman saya, kami akan menghidupkan kembali sistem ini," ujarnya, Jumat 13 September 2024.

Sejumlah koordinasi telah dilakukan dengan Bank Jatim, Badan Keuangan Aset Daerah, dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) untuk mempercepat penerapan sistem tersebut. 

Evaluasi Kinerja Triwulan II, Pj Wali Kota Batu Komitmen Terus Berbenah Demi Pelayanan

"Kami juga telah berkomunikasi dengan para juru parkir (jukir) dan koordinator parkir di wilayah tersebut, meminta mereka segera membuka rekening Bank Jatim yang nantinya akan terkoneksi dengan sistem QRIS," katanya.

Menurut Hendri, pembenahan sistem ini harus disegerakan agar semua pembayaran parkir terkoneksi dengan QRIS, mempermudah proses pembayaran bagi masyarakat. 

Halaman Selanjutnya
img_title