PKL Sultan Agung Direlokasi ke Lahan PT Paramount : Sinergi Pemerintah, Swasta, dan Pedagang

Deretan lapak PKL di Bukit Bintang Kota Batu
Sumber :
  • VIVA Malang (Galih Rakasiwi)

Batu, VIVA – Sebanyak 24 Pedagang Kaki Lima atau PKL di Bukit Bintang kini memiliki tempat baru di lahan milik PT Paramount, Kota Batu. Relokasi dilakukan untuk penataan wajah kota.

Paslon Cak Nur-Mas Heli Bakal Bikin Jumat Berkah Lebih Luas di Kota Batu

Kegiatan diisi dengan penandatanganan perjanjian dan syukuran pemotongan tumpeng, dihadiri oleh perwakilan PT Paramount, para PKL, serta pejabat Pemerintah Kota Batu, Jumat 13 September 2024.

Relokasi ini merupakan solusi atas kebijakan Pemerintah Kota Batu yang mengharuskan jalur trotoar di Jalan Sultan Agung steril dari keberadaan PKL.

Paslon Guru Usung Program Mobil Guru BK, Layanan Konseling Gratis Lintas Usia

Pemkot Batu telah menetapkan batas waktu hingga 27 September bagi para pedagang untuk membongkar kios-kios semi permanen yang mereka dirikan di sepanjang jalan tersebut. 

Alasan utamanya adalah untuk menjaga keindahan kota, serta persiapan proyek revitalisasi trotoar dan drainase di area tersebut.

Minim SDM Kendala Utama Pengelolaan di TPA Tlekung Kota Batu

Perwakilan PT Paramount, Sutan Hadi, menyatakan bahwa pihaknya secara sukarela memberikan lahan untuk menampung PKL yang selama ini berjualan di depan lahan perusahaan. 

"Kami menyediakan tempat untuk membantu pelaku UMKM mikro seperti PKL tanpa menarik sewa. Semangat kami sejak 2022 adalah melakukan kegiatan sosial dengan memfasilitasi pedagang di tanah milik perusahaan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title