90 Persen Anggota DPRD Kota Batu Gadaikan SK

Pelantikan anggota DPRD Kota Batu
Sumber :
  • VIVA Malang (Galih Rakasiwi)

Batu, VIVA – Setelah dilantik 90 persen anggota DPRD Kota Batu rama-ramai menggadaikan SK ke bank sebagai jaminan. Rata-rata mereka mengajikan kredit dengan jangka waktu 58 bulan.

Dalami Dugaan Korupsi Pembelian Bibit Porang, Kejari Jombang Geledah Dua Lokasi

"Ya hampir semua, kira-kira 90 persen anggota yang mengajukan kredit. Jangka waktu 58 bulan karena jabatan dewan tidak penuh 5 tahun. Untuk besaran diatas Rp 1 miliar," kata salah satu DPRD yang enggan namanya disebut, Sabtu 7 September 2024

Sementara itu, salah satu anggota DPRD Kota Batu lainnya, Sudiono dari Fraksi PKB mengaku jika memang SK dirinya dimasukan ke bank. 

Ikuti Kontestasi Pilkada, Empat Anggota DPRD Kota Batu Pilih Mundur

"SK saya masukan untuk pengembangan usaha pengembangan properti yang saya miliki serta usaha lainnya seperti bengkel," katanya. 

Selain itu penyebab lainnya karena cost politik di Kota Batu sangat tinggi. Sehingga ketika terjun ke politik dan tidak memiliki usaha akan kesulitan di belakang hari. 

PKL di Sultan Agung Kota Batu Rencana Digusur untuk Maksimalkan Fungsi Fasum

"Misalkan suatu ketika saya tidak jadi harus bagaimana. Tapi kalau kami sudah punya usaha kan tidak bingung. Sebaliknya, ketika punya usaha maka kami akan lebih fokus untuk menyerap aspirasi masyarakat dan merealisasikan apa yang diinginkan masyarakat," katanya. 

Ia sendiri tidak menyampaikan secara rinci berapa kredit yang diajukan. Namun ia menjelaskan kredit yang diambilnya cukup tinggi.

Halaman Selanjutnya
img_title