Silahome, Aplikasi Penginapan Wisata yang Segera Dirilis Disparta Kota Batu 

Kadisparta Arief As Sidiq
Sumber :
  • VIVA Malang - Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Pemilik vila dan homestay di Kota Batu rupanya bisa bernafas lega. Pasalnya, Pemkot Batu segera memiliki aplikasi Sistem Informasi Vila dan Homestay (Silahome) untuk membantu promosi penginapan kepada wisatawan. 

Sengkarut PPDB, Warga Jombang Demo Minta Menteri Pendidikan Dicopot

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan aplikasi Silahome dibuat sebagai wadah promosi dan memudahkan wisatawan untuk mencari penginapan, baik vila maupun homestay di Kota Batu.

"Jadi nanti aplikasi ini untuk meningkatkan akses promosi, masyarakat atau wisatawan yang membutuhkan jasa akomodasi sehingga bisa dengan mudah mengaksesnya," katanya, Kamis 30 Mei 2024.

Secara Lisan Gus Halim Sampaikan Rekom PKB Di Pilwali Kota Malang Untuk Abah Anton

Langkah saat ini, Disparta Kota Batu tengah melakukan sertifikasi vila dan homestay serta menyempurnakan aplikasi tersebut. Jika sudah jadi, Disparta Kota Batu bakal merilis aplikasi tersebut pada Juni 2024. 

"Potensi penginapan sangat menggiurkan di Kota Batu untuk mempermudah wisatawan datang ke sini. Total ada 1.800 homestay tengah diverifikasi. Target kami sekitar 3.000 vila dan homestay bisa masuk di aplikasi," ujarnya.

Perda Pesantren Disahkan, Pj Wali Kota Malang Komitmen Permudah Lewat Perwal

Untuk verifikasi Disparta Kota Batu menggandeng beberapa paguyuban vila dan homestay yang ada. Harapannya dari aplikasi ini bisa menjawab tantangan kemajuan teknologi serta membangkitkan pengusaha penginapan, terutama wilayah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto.

"Nanti fitur-fitur dalam aplikasi terus kita tingkatkan, targetnya bisa diakses secara mobile atau bahkan lewat traveloka. Tapi semua itu nanti bertahap," tuturnya.