Banyak Peminat Dalam Sehari 75 Persen Kuota Mudik Gratis Pemkot Malang Habis

Kepala Dishub Kota Malang, Widjaja Saleh Putra
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – Kuota mudik gratis untuk libur Idul Fitri 2024 yang disiapkan oleh Dinas Perhubungan Kota Malang telah terisi 75 persen calon pemudik. Dari kuota 450 kursi sebanyak 335 kursi telah dipesan oleh warga yang akan mudik dari Kota Malang ke kampung halaman masing-masing.

Opini : Kemenangan Prabowo Gibran dan Mimpi Indonesia Emas 2045

Kepala Dishub Kota Malang, Widjaja Saleh Putra mengatakan bahwa data pada Selasa, 19 Maret 2024 pagi. Sebanyak 335 kursi sudah habis. Padahal pendaftaran mudik gratis baru dibuka pada Senin, 18 Maret 2024 kemarin. 

Tingginya animo masyarakat ini diprediksi karena banyak yang sudah menantikan program mudik gratis Pemerintah Kota Malang. Jurusan paling banyak pendaftar dari Malang ke Lumajang, Jember, Banyuwangi.

Dirjen HAM dan Pimpinan UPT Kemenkumham Jatim Kunjungan Kerja ke PT Taspen Cabang Malang

"335 kursi sudah habis, kuota tetap 450 kursi. Paling banyak Malang ke Lumajang, Jember, Banyuwangi. Kemungkinan hari ini habis," kata Widjaja. 

Widjaja menuturkan, sampai saat ini Dishub Kota Malang masih menyiapkan skema lain bagi pemudik dengan jurusan daerah yang memiliki minat sedikit. Ada opsi mereka akan mengganti dengan tiket bus umum bagi pemudik dengan daerah tertentu yang jumlah peminatnya di bawah 5 orang. 

Semakin Jauh Dari Zona Degradasi, Arema FC Tetap Gaspol

Selanjutnya bus daerah tertentu yang telah mereka siapkan akan dialihkan ke daerah lain yang banyak peminatnya. Dalam program mudik gratis ini Dishub Pemkot Malang menyiapkan 10 armada bus. 

"Untuk yang jurusan lain kalau cuma sedikit kita alihkan. Jika ada yang peminatnya sedikit akan kita alihkan. Mungkin kita siapkan alternatif naik kendaraan umum tetap kita biayai asalkan masuk kuota 450 itu. Nanti bus yang lain akan dialihkan dengan jurusan yang banyak peminat," ujar Widjaja. 

Halaman Selanjutnya
img_title