Lindungi Kedaulatan Digital, Bamasis Poltekad Belajar Cyber Security

Bamasis Poltekad di Dinoyo Research Center
Sumber :
  • istimewa

Malang – VIVA - Keamanan siber atau cyber security menjadi isu strategis dalam transformasi digital. Hal ini merupakan pilar utama dalam pertahanan negara. Setiap negara perlu melindungi wilayah sibernya sendiri dan menghadapi ancaman dari faktor-faktor yang dapat mencoba untuk mengakses atau merusak sistem mereka.

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Dalam konteks demokrasi, keamanan siber menjadi kunci untuk melindungi integritas dan keandalan informasi dalam proses pemilihan dan pencegahan upaya manipulasi opini publik. 

Oleh karena itu, investasi dan perhatian terhadap keamanan siber bukan hanya sebuah kebijakan, melainkan sebuah keharusan untuk menjaga kestabilan dan kedaulatan suatu negara di tengah kompleksitas dunia siber.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Investasi teknologi baik dari sisi infrastruktur maupun talenta digital yang akan menjaga keamanan di dunia digital harus diutamakan. Menindaklanjuti hal tersebut, 23 bintara mahasiswa Politeknik Angkatan Darat (Poltekad) mempelajari ilmu yang berkaitan dengan rekayasa keamanan digital di kantor Jagoan Hosting selama sembilan hari, yakni mulai tanggal 19 Februari 2024.

Mereka mempelajari cara mengamankan informasi rahasia dengan tindakan preventif maupun mitigasi, melalui kegiatan bertajuk ‘Network Youth Defender (NYD)’. Pada kesempatan tersebut, bintara mahasiswa juga mendapat kesempatan untuk praktik langsung pada miniatur data center, yaitu Dinoyo Research Center.

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

“Kami memiliki miniatur data center yang digunakan sebagai tempat workshop. Sehingga, baik siswa maupun mahasiswa bisa belajar untuk mengolah server di kantor kami,” terang Head of Corporate Communication Jagoan Hosting, Andina Paramitha.

Para bintara mahasiswa akan mendapatkan pengalaman untuk mengelola server secara fisik maupun cloud. Mereka bisa belajar untuk membagi kapasitas server sesuai dengan kebutuhan.

Halaman Selanjutnya
img_title