Kolaborasi Jagoan Hosting dan Aplikasi Terjemahan Bahasa Dayak: Langkah Maju Menuju Digitalisasi Reg

Aplikasi TerDayak saat diakses
Sumber :
  • istimewa

MalangDigitalisasi regional merupakan kebutuhan penting bagi daerah-daerah di Indonesia. Tujuannya, untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dan meningkatkan daya saing daerah.

Akun Google Bisnis Hotel Diretas, Ini Tanggapan Jagoan Hosting

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, sepanjang tahun 2023, penetrasi internet di Indonesia mencapai 73,3 persen dari total populasi. Sedangkan jumlah pengguna aktif media sosial, mencapai 191 juta orang. 

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2023, kontribusi sektor informasi dan komunikasi terhadap PDB Indonesia mencapai 10,29 persen. Sementara, Studi Bank Dunia menunjukkan bahwa digitalisasi dapat meningkatkan PDB per kapita negara berkembang sebesar 1,5 persen per tahun.

Perkuat Hero Digitalisasi Sekolah, Jagoan Hosting Tingkatkan Literasi Digital di Kampus dan SMK

Untuk itulah berbagai daerah di Indonesia berupaya membuat inovasi. Seperti yang dilakukan oleh Komunitas IT asal Kalimantan Tengah, Narai Coder. Mereka membuat aplikasi terjemahan Bahasa Dayak yang diberi nama “TerDayak.”

“Aplikasi ini diinisiasi pada tahun 2021. Namun, TerDayak (terjemahan bahasa Dayak) mulai dipublikasikan oleh Komunitas Naraicoder.org pada tahun 2022 di event lomba startup pitching battle Founders Live Palangkaraya,” kata Quratul Ain, salah satu Founder Narai Coder.

Pusat Data Nasional Diretas, Ini Kata Jagoan Hosting

Lebih lanjut, perempuan yang akrab disapa Ain tersebut menguraikan, aplikasi tersebut diinisiasi oleh rekan sesama foundernya, yakni Richie Daniel YC. Raban.

“Tujuannya, untuk menjaga eksistensi Bahasa Dayak guna memberikan kemudahan bagi masyarakat lokal  untuk  melestarikan Bahasa Dayak Ngaju dan membantu masyarakat pendatang berkomunikasi dengan masyarakat lokal,” papar dia.

Halaman Selanjutnya
img_title